Panwascam Delta Pawan Lantik 148 PTPS Pilgub Kalbar

Panwascam Delta Pawan Lantik 148 PTPS Pilgub Kalbar (Foto: Adi LC)
Panwascam Delta Pawan Lantik 148 PTPS Pilgub Kalbar (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak 148 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Pemilu Gubernur – Wakil Gubernur Kalimanatan Barat dilantik Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Delta Pawan, Minggu (3/6) pagi.

Pelantikan sekaligus Bimbingan Teknis (Bimtek) terhadap 148 anggota PTPS Kelurahan/Desa se-Kecamatan Delta Pawan itu dilaksanakan di aula kantor Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Ketapang.

Ketua Panwascam Delta Pawan Rustam Efendi dalam sambutanya menjelaskan secara umum tugas pokok PTPS, yaitu mengawasi mulai dibukanya TPS sampai dengan selesainya pemungutan dan penghitungan suara, serta mendapatkan formulir C1 pleno dan mewaspadai peluang pemilih gelap.

“Pengawas TPS merupakan ujung tombak dalam pengawasan di setiap tempat pemungutan suara khususnya pada saat pencoblosan. Jadi pesan saya jalankan amanah dari negara ini dengan penuh tanggung jawab, jujur serta adil,” paparnya.

Ia berharap agar anggota PTPS dalam menjalankan tugasnya dapat bertanggung jawab dengan amanah serta bersinergi dengan pihak lainya.

“Pesan saya kepada Pengawas TPS agar menjaga sinergitas dan komunikasi baik dengan PPL, Panwascam serta pihak pihak yang berkaitan langsung dengan proses pemilihan di lingkungan sekitar lokasi TPS yang diawasi,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) perekrutan Pengawas TPS Kecamatan Delta Pawan, Theo Bernadhi mengatakan, usai pelantikan nantinya seluruh Pengawas TPS se-Kecamatan Delta Pawan akan dilakukan Bimtek.

“Nanti setelah pelantikan, kita akan gelar bimtek untuk seluruh pengawas TPS agar bisa menjalankan tugas dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku dan bekerja secara jujur dan penuh tanggung jawab,” tandasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar