Sintang Tuan Rumah Kejurprov Pencak Silat Silat, 320 Atlet Siap Bertarung

Asisten II Setda Sintang, Hendri Harahap, Saat Mewakili Bupati Sintang, Pada Pembukaan Kejuaraan Pra Porprov Pencak Silat Yang Dilangsungkan di Sintang (Foto: Sg/Hms)
Asisten II Setda Sintang, Hendri Harahap, Saat Mewakili Bupati Sintang, Pada Pembukaan Kejuaraan Pra Porprov Pencak Silat Yang Dilangsungkan di Sintang (Foto: Sg/Hms)

Kejuaraan Pra Porprov Pencak Silat

KalbarOnline, Sintang – Pemerintah Kabupaten Sintang terus berupaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat dengan melaksanakan berbagai even cabang olahraga di Sintang.

“Kami percaya dengan olahraga dapat membangun karakter seseorang karena olahraga membutuhkan fisik yang baik, sportivitas, bersaing dengan sehat dan mampu membuat gembira seseorang dan pada akhirnya membawa dampak positif,” ujar Bupati Sintang dalam sambutannya pada pembukaan Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Pencak Silat di Padepokan Beladiri Sintang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang, Henri Harahap, Rabu (20/12).

Olahraga pencak silat, lanjutnya, merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak diminati oleh masyarakat karena olahraga beladiri ini berasal dari tradisi asli Indonesia yang menjadi kekayaan seni budaya bangsa kita yang patut dibanggakan.

Gerakan dalam silat selain indah juga penuh makna.

“Ada nilai positif dalam olahraga pencak silat seperti baik untuk kesehatan dan kebugaran, membangkitkan rasa percaya diri, melatih ketahanan mental, mengembangkan sportivitas dan jiwa ksatria serta disiplin dan keuletan,” tambah Henri Harahap.

Henri Harahap menambahkan bahwa Pemkab Sintang mendukung dan menyambut baik penyelenggaraan Kejurprov pencak silat se Kalimantan Barat di Kabupaten Sintang.

Semoga mampu melahirkan bibit atlet berprestasi di masa mendatang serta menjadi even hiburan yang mendidik.

“Pesan saya, ikuti kejuaraan dengan baik, lahirkan motivasi tinggi, tampilkan semua skill yang dimiliki dan berjuang sekuat tenaga untuk menjadi juara terbaik dengan dilandasi oleh sikap sportif dan fair play,” tambah Henri Harahap.

Sementara, Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Provinsi Kalimantan Barat, Sutopo menyampaikan bahwa kejuaraan ini merupakan pra porprov yang akan dilaksanakan bulan September tahun 2018 di Kabupaten Sintang.

“Tahun depan seluruh atlet silat kembali akan bertemu di Sintang ini. Untuk itu saya minta seluruh atlet silat untuk mengikuti pertandingan ini dengan baik karena delapan besar dalam kejuaraan ini akan mendapatkan tempat langsung untuk bertanding pada Porprov tahun depan. Seluruh atlet silat harus juga mempersiapkan diri menghadapi PON di Kalimantan Timur, O2SN dan kejuaraan silat antar pelajar se-Kalbar. Selamat bertanding jaga sportivitas,” tukas Sutopo.

Sementara itu, Ketua Panitia Kejuaraan Provinsi Pencak Silat se-Kalimantan Barat, Prawito menjelaskan bahwa saat ini sudah hadir atlit silat dari 14 kabupaten/kota di Kalimantan Barat yang berjumlah 320 atlet.

“Pertandingan akan berlangsung selama 4 (empat) hari mulai 20-23 Desember 2017. Saya berharap atlet bisa membawa oleh-oleh medali emas. Terima kasih kepada seluruh pengurus OPSI Kabupaten/kota yang sudah mau mengirimkan atlet-atletnya. Mari kita laksanakan kejuaraan ini dengan aman dan tertib. Seluruh pertandingan silat akan dilaksanakan di Gedung Padepokan Sintang,” tandas Prawito. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar