Runway Bandara Internasional Supadio Tergenang (Foto: Ist)
Runway Bandara Internasional Supadio Tergenang (Foto: Ist)

Antisipasi banjir dikawasan runway Bandara Supadio

KalbarOnline, Kubu Raya – Guna mengantisipasi terjadinya banjir di runway bandara Supadio, PT Angkasa Pura II Kantor Cabang Supadio akan melakukan penanggulangan melalui tiga tahapan yaitu short term, medium term dan long term.

Executive General Manager Bandara Internasional Supadio, Bayuh Iswantoro menyatakan bahwa short term sudah dilaksanakan, yaitu penyehatan drainase berupa pelebaran saluran air, pemasangan tanggul di daerah yang terpapar air, pembuatan sistem pintu air beserta pompanya, menormalisasi semua areal-areal yang ada di dalam bandara dan memasang sand bag di sekitar runway.

“Medium dan long term akan kita laksanakan di tahun 2018 mendatang. Rencananya akan kita bangun runway baru sebagai upaya permanen agar ini tidak terulang,” ungkapnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa ketinggian runway yang akan dibangun adalah di atas ketinggian muka air pasang sungai Kapuas dan dikerjakan dalam dua tahap. Tahap pertama ketinggian 2.500 sedangkan untuk tahap ultimate sampai 3.000 dengan luas landasan 3.000×60.

Sejauh ini, menurutnya, pihak internal Bandara Supadio sudah berupaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir apalagi menjelang Natal dan Tahun Baru.

“Perisapan Natal dan tahun baru seperti tahun-tahun sebelumnya, kita akan fokus pada pelanggan, yaitu di terminal termasuk yang menjadi perhatian ekstra adalah kita harus memaksimalkan fungsi-fungsi drainase dalam bandara dan luar kawasan,di mana itu yang akan dilaksanakan Pemkab Kubu Raya dan Provinsi,” jelasnya.

Menurutnya, arus puncak adalah seminggu sebelum Natal dan seminggu setelah tahun baru. (Fai/Ian)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY