Suasana Rapat Persiapan Program Gala Desa di Kabupaten Sintang Dalam Rangka Menindalanjuti Penunjukan Oleh Kemenpora RI (Foto: Sg)
Suasana Rapat Persiapan Program Gala Desa di Kabupaten Sintang Dalam Rangka Menindalanjuti Penunjukan Oleh Kemenpora RI (Foto: Sg)

KalbarOnline, Sintang – Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia sudah menunjuk tiga Kabupaten untuk melaksanakan program Gala Desa di Kalimantan Barat yakni Kabupaten Sintang, Sambas dan Kayong Utara.

Melalui Surat Penujukan dari Kemenpora RI tentang tempat penyelenggaraan perlombaan/pertandingan olahraga gala desa Nomor: 4.18.8/D.III/IV/2017 tanggal 18 April 2017. Menindaklanjuti penunjukan tersebut, Pemkab Sintang mulai melakukan rapat persiapan yang dilakukan di Balai Pegodai pada Kamis, 22 Juni 2017 dipimpin Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM dan dihadiri seluruh anggota panitia.

“Pertandingan olahraga Gala Desa ini direncanakan akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Imam Nahrawi pada Sabtu, 22 Juli 2017 mendatang di Desa Kebong, Kecamatan Kelam Permai. Untuk itu, saya minta Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang bersama seluruh panitia yang sudah ditunjuk untuk mempersiapkan agenda Pemerintah Pusat ini dengan baik. Kepada seluruh panitia untuk serius melaksanakan tugasnya supaya pada saat pelaksanaan nanti, baik pada saat pembukaan, pelaksanaan sampai selesai seluruh perlombaan bisa berjalan dengan baik,” pinta Askiman.

“Saya juga minta supaya pertandingan olahraga Gala Desa ini tidak semata-mata kegiatan olahraga saja, tetapi ada juga pemberdayaan kepada masyarakat. Buat juga kegiatan pembinaan dalam bentuk lain. Siapkan juga berbagai aspirasi pembanguan saran dan prasarana olahraga yang akan kita sampaikan kepada Bapak Menteri nanti,” tambah Askiman.

Sementara Ketua Pantia Pertandingan Olahraga Gala Desa Kabupaten Sintang, Pinarto menjelaskan akan memperlombakan enam cabang olahraga yakni sepkabola, bulu tangkis, tenis meja, sepak takraw, bola voli, dan atletik.

“Untuk sementara kami hanya memperuntukan lomba ini untuk kalangan pelajar saja. Namun untuk sepakbola dan bola voli, kami membukanya untuk dua kategori yakni umum dan pelajar. Sebelum acara pembukaan nanti, kami akan ajak Bapak Menteri untuk bersepeda di Kebong dengan istilah Gowes Pesona Wisata Bukit Kelam. Untuk sepakbola, kita diperbolehkan untuk kaki telanjang atau tidak memakai sepatu,” terang Pinarto.

Sementara Sekretaris Disporapar, Erwin Simanjuntak menjelaskan sudah menyusun jadwal dan administrasi seluruh kegiatan Gala Desa.

“Tinggal kita laksanakan setelah cuti bersama nanti. Saya mohon supaya panitia dan berbagai pihak yang sudah diminta untuk terlibat dalam mensukseskan kegiatan Gala Desa ini bisa mempersiapkan diri,” pinta Erwin Simanjuntak.

Wakapolres Sintang, Kompol Amri Yudhi S, SIK., MH menyatakan kesiapan pihaknya untuk melakukan pengawalan dan pengamanan kegiatan termasuk rencana kedatangan Menpora.

“Kami memerlukan rundown kegiatan untuk menyesuaikan pengamanan dan pengaturan lalu lintas. Dalam kegiatan perlombaan seperti ini kami melihat ancaman keamanan hanya para suporter tim saja,” terang Kompol Amri Yudhi.

Sementara Danramill Kelam Permai, Kapten Inf Slamet Arianto juga menyatakan kesiapan pihaknya untuk bekerjasama dengan pihak Kepolisian Resort Sintang untuk memperkuat pengamanan selama acara berlangsung.

“Kita siap membantu pengamanan, apalagi ada pejabat negara yang dating,” tegas Slamet Arianto. (Sg)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY