Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memberikan Sambutan Pada Musrenbang RKPD Kabupaten Sambas Tahun 2018 di Ruang Sidang Utama DPRD Kab Sambas (Foto: Mur/Hms)
Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Saat Memberikan Sambutan Pada Musrenbang RKPD Kabupaten Sambas Tahun 2018 di Ruang Sidang Utama DPRD Kab Sambas (Foto: Mur/Hms)

Atbah: 9 Isu Strategis Erat Kaitannya Dengan Perumusan Prioritas Kebijakan dan Program Pembangunan Daerah

KalbarOnline, Sambas – Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang-RKPD) tahun 2018 Kabupaten Sambas fokus pada beberapa aspek prioritas.

Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc menuturkan bahwa Pemda Sambas terus menggenjot pembangunan infrastruktur dasar yang disinergikan dengan aspek prioritas pembangunan lainnya.

Sesuai tema Musrenbang RKPD 2018 tersebut, lanjut Atbah, Pemda Sambas memfokuskan pembangunan infrastruktur dasar, kualitas sumber daya manusia, dan ekonomi. Tujuan akhirnya adalah mewujudkan sambas yang berakhlakul karimah, unggul dan sejahtera.

“Kita inginkan para pemangku kepentingan atau stakeholder juga memiliki konsistensi yang sama terhadap komitmen untuk mendorong dan mengoptimalkan pembangunan Kabupaten Sambas dalam rangka mewujudkan Sambas yang berakhlakul karimah, unggul dan sejahtera sesuai dengan Visi dan Misi Pemerintah Sambas yang tertuang dalam Perda Nomor 8 Tahun 2016 tentang RPJMD Sambas tahun 2016-2021,” ujarnya saat membuka Musrenbang RKPD 2018 di Ruang Sidang Utama DPRD Kab Sambas, Kamis (9/3).

Di tahun 2018, sebagai periode tahun ke – 2 pelaksanaan RPJMD Sambas masa kepemimpinan Atbah – Hairiah, ia menerangkan bahwa Pemda Sambas merancang RKPD 2018 mengedepankan arah kebijakan dan prioritas program pembangunan daerah.

Bupati juga menegaskan 9 (Sembilan) isu strategis yang erat kaitannya dengan perumusan prioritas arah kebijakan dan program pembangunan daerah.

“Pemerintah daerah berupaya yang terbaik buat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di Sambas,” jelasnya.

Selain isu infrastruktur pembangunan dasar, kondisi IPM, kualitas kehidupan beragama dan pembinaan masyarakat, kemiskinan dan ketenagakerjaan, lanjut Atbah, Pemda akan tetap memperhatikan pembangunan lingkungan hidup, reformasi birokrasi pelayanan publik, pengembangan potensi pendapatan daerah, kondisi keamanan dan ketertiban serta pemanfaatan dan pengolahan sumber daya alam hingga daya saing daerah.

Berdasarkan isu strategis tersebut, Bupati menyebutkan setidaknya ada 6 (enam) prioritas pembangunan yang harus terakomodir dalam RKPD 2018.

“Berdasarkan Perda Sambas Nomor 8 Tahun 2016 tentang RPJMD Sambas tahun 2016-2021 dan mengacu pada Perda Nomor 2 Tahun 2010 tentang RPJPD Sambas tahun 2005-2025 dan isu strategis pembangunan daerah Kabupaten Sambas, maka prioritas program pembangunan daerah Sambas tahun 2018 kita arahkan pada enam program utama,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga memaparkan percepatan pembangunan infrastruktur dasar, peningkatan kualitas pembangunan sumberdaya manusia, peningkatan kesejahteraan melalui pembinaan mental spiritual, peningkatan ekonomi kerakyatan dan Investasi, peningkatan kualitas pelayanan publik dan reformasi birokrasi dan peningkatan ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat. (Mur/Hms)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY