by

Temajuk Jadi Buah Bibir Dalam Kunker Sandiaga Uno di Kalbar, Fahrur Rofi: Kebanggaan Bagi Sambas

KalbarOnline, PontianakWakil Bupati Sambas Fahrur Rofi bersyukur kawasan wisata Temajuk menjadi buah bibir dalam kunjungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Kalimantan Barat.

“Ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk Kabupaten Sambas. Alhamdulillah Temajuk memang ditetapkan sebagai kawasan strategis parawisata nasional, satu-satunya di Kalbar,” kata Fahrur Rofi saat diwawancarai usai peluncuran Kalender Event Kalbar 2022, kemarin.

Olehkarenanya, Fahrur Rofi berharap, Pemerintah Pusat terus mengucurkan program untuk pengembangan kawasan wisata Temajuk secara berkelanjutan.

Terlebih lagi, kata Fahrur Rofi, pengembangan kawasan perbatasan merupakan fokus Presiden Joko Widodo yang diatur dalam Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2021 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi pada Kawasan Perbatasan Negara di Aruk, Motaain, dan Skouw, untuk mengembangkan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan perbatasan.

“Harapan kita di tahun 2023 itu selesai semua. Sehingga Temajuk betul-betul menjadi destinasi unggulan di Kalbar,” harapnya.

Fahrur Rofi juga sepakat dengan arahan Menparekraf Sandiaga Uno yang mendorong desa wisata di Sambas khususnya di sekitar Temajuk mampu menciptakan peluang-peluang usaha.

“Kita melalui program Sambas Berkemajuan, benang merah visi misi Bupati dan saya hari ini adalah bagaimana peningkatan ekonomi kerakyatan. Ini sejalan dengan program yang Pak Menteri luncurkan yakni ekonomi kreatif,” kata Fahrur Rofi.

Pihaknya pun diakui Rofi, telah memulai upaya-upaya untuk melahirkan semakin banyak ekonomi-ekonomi kreatif di Sambas.

“Kita mempermudah perizinan usaha, pelatihan kepada anak-anak muda dan digitalisasi UMKM. Kita harap itu bisa sinergis dengan program yang Pemerintah Pusat lakukan,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Pontianak Nomor Satu TKED Terbaik, Nomor Dua APBD Tersehat

Diberitakan sebelumnya, permintaan Gubernur Sutarmidji agar kawasan wisata Temajuk dikembangkan mendapat respon positif Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno memastikan Kemenparekraf akan mengembangkan kawasan wisata Temajuk.

Sandiaga Uno mengatakan, pengembangan wisata Temajuk akan disiapkan seiring dengan peluncuran event di Kabupaten Sambas dan beberapa potensi lainnya yang akan disusun Kemenparekraf.

“Saya baru diperlihatkan videonya oleh Pak Gubernur. Mudah-mudahan ini bisa kita kembangkan karena indah sekali panorama alamnya dan kita harus bangun infrastrukturnya, kita harus kembangkan dengan berbasis masyarakat,” kata Sandiaga Uno di Pontianak, Rabu 9 Maret 2022.

Meski begitu, Sandiaga Uno juga mendorong agar desa wisata di Sambas khususnya di sekitar Temajuk mampu menciptakan peluang-peluang usaha.

“Seperti produk UMKM dan ekonomi kreatif yang terdigitalisasi, yang bisa membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” pungkas Sandiaga Uno.

Comment