Kebiasaan Sehat saat Hamil yang Perlu Mums Lakukan

Saat hamil, Mums perlu melakukan sejumlah perubahan hidup demi memastikan janin dalam kandungan bisa tumbuh dengan sehat. Mums perlu menjalani gaya hidup sehat pada umumnya, seperti mengonsumsi makanan bernutrisi, olahraga rutin, dan banyak minum air putih.

Hal-hal tersebut penting dilakukan saat hamil. Bagaimanapun juga, Mums harus tetap fit supaya kehamilan berjalan lancar. Mums juga perlu mengonsumsi suplemen untuk memastikan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi dalam kandungan terpenuhi.

Namun, selain hal-hal tersebut ada beberapa kebiasaan sehat saat hamil yang perlu Mums lakukan supaya Mums lebih sehat dan nyaman. Berikut sejumlah kebiasaan sehat saat hamil tersebut!

Baca juga: Ibu Hamil dengan HIV Wajib Konsumsi Obat Antiretroviral, Ini Faktanya!

Kebiasaan Sehat saat Hamil yang Perlu Mums Lakukan

Mums, yuk lakukan sejumlah kebiasaan sehat saat hamil ini:

1. Istirahat yang Cukup

Menjalani kehamilan bukanlah hal yang mudah. Mums perlu mendukung kehidupan bayi dalam kandungan dan juga menjaga kesehatan Mums sendiri. Inilah kenapa istirahat sangat penting saat sedang hamil.

Istirahat tidak hanya membantu meredakan mual di awal kehamilan, namun juga meredakan nyeri punggung seiring dengan berkembangnya bayi dalam kandungan, menurunkan tekanan darah, meredakan sakit kepala, dan membantu Mums tidur lebih nyenyak di malam hari.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Apresiasi IDI yang Telah Mengabdi dan Menjadi Benteng Pertahanan Kesehatan Masyarakat Indonesia

Jadi, biasakan istirahat jika Mums merasa lelah. Sebagai contoh, Mums bisa membiasakan diri untuk tidur siang.

2. Rutin Sikat Gigi

Hormon kehamilan membuat Mums lebih rentan terhadap plak dan bakteri di mulut, sehingga bisa menyebabkan gusi mengalami inflamasi atau perdarahan. Menyikat dan membersihkan gigi dapat membantu mencegah gingivitis (inflamasi gusi) dan periodontitis (penyakit gusi yang lebih serius dan bisa meningkatkan risiko melahirkan prematur dan preeklampsia.

Baca juga: Mums, Pastikan Mengonsumsi Makanan Kaya Asam Folat Ini Selama Hamil!

3. Biasakan Ngemil Sehat

Untuk para calon ibu, mengonsumsi makanan bernutrisi merupakan hal yang penting. Selain makan besar, camilan yang Mums konsumsi juga perlu diperhatikan. Jadi, biasakan ngemil sehat. Isi kulkas dengan makanan-makanan sehat.

Camilan sehat yang direkomendasikan adalah yang mengandung karbohidrat dan protein. Mums juga bisa mengonsumsi buah-buahan. Tanyakan kepada dokter tentang camilan yang bisa Mums konsumsi di sela-sela waktu makan.

4. Konsumsi Minuman Sehat

Mums tidak perlu sama sekali menghindari kopi dan soda saat hamil, namun Mums perlu mengurangi konsumsinya. Kafein dan gula bersifat diuretik, sehingga bisa menghilangkan nutrisi penting seperti kalsium sebelum tubuh bisa menyerapnya.

Baca Juga :  Jangan Lupakan Pentingnya Magnesium selama Kehamilan

Jadi, kebiasaan sehat saat hamil yang perlu Mums jalani adalah membiasakan minum sehat, yaitu minum air putih. Mums juga bisa memasukkan potongan buah jeruk atau lemon ke dalam air putih sehingga lebih menyegarkan.

5. Berenang

Olahraga merupakan hal yang penting dilakukan saat hamil. Akan tetapi, semakin membesar perut Mums, semakin sulit untuk olahraga. Nah, sebagai rekomendasi Mums bisa memilih berenang sebagai olahraga yang dilakukan selama hamil.

Baik sekadar berenang biasa ataupun melakukan olahraga aerobik dalam air, berenang bisa membantu meredakan nyeri dan pegal-pegal, khususnya di trimester ketiga. Selain itu, berenang juga meningkatkan sirkulasi dan daya tahan Mums. Selain itu, berenang juga menyegarkan dan tidak terlalu melelahkan untuk ibu hamil. (UH)

Baca juga: Jangan Lupa Rutin Minum Vitamin Selama Kehamilan Ya, Mums!

Sumber:

What To Expect. Healthy Habits to Pick Up During Pregnancy. November 2018.
A Child’s Dream. 8 Healthy Habits for Pregnant Mothers. Desember 2018.

Comment