Kevin Sanjaya Positif Covid-19, Timnas Indonesia Tetap Bertanding

KalbarOnline.com-Pemain ganda putra nomor satu dunia Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan batal tampil ke turnamen pembuka BWF Tour 2021 di Bangkok, Thailand.

Dari hasil swab test PCR (Polymerase Chain Reaction), Kevin dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

“Berdasarkan tes terakhir yang dijalani Kevin pada 31 Desember 2020, hasil swab test PCR dia positif,” kata dr Octaviani, dokter di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur dalam siaran pers PP PBSI yang diterima KalbarOnline.com.

Baca Juga: Kento Momota Positif Covid-19, Pelatih Tim Nasional Indonesia Prihatin

Karena sudah positif, Kevin tidak melakukan swab test PCR di Pelatnas Cipayung, 2 Januari 2021 lalu. Tes tersebut melibatkan 40 anggota tim yang akan berangkat ke Thailand. Sejak pertengahan Desember tahun lalu, pemain kelahiran Banyuwangi 2 Augustus 1995 ini juga sudah dipisahkan dengan rekan sepelatihan di Cipayung.

Menurut dr Octaviani, swab test PCR terakhir yang dijalani Kevin dilakukan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada 31 Desember 2020. Tiga hari sebelumnya, pada tanggal 28 Desember, Kevin sebenarnya juga sempat menjalani tes serupa di tempat yang sama. Hasilnya, Kevin positif terinfeksi Covid-19.

Baca Juga :  Wabup Wahyudi Pimpin Rakor dan Monev PPKM di Suhaid

Gejala Covid-19 sebenarnya sudah dirasakan Kevin sekitar tengah Desember. Saat itu, dia mulai tidak bisa mencium bau makanan. Makan pun terasa hambar. Juga sedikit flu. Pada 20 Desember 2020, Kevin melakukan swab test PCR di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, dengan hasil positif. Dia pun kemudian melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Terima kasih atas doa dan dukungannya, semoga saya bisa cepat pulih dan bisa berlatih kembali seperti semula. Ini sekaligus pelajaran bagi saya untuk selalu waspada ke depannya,” kata Kevin dalam siaran pers PP PBSI.

Baca Juga :  Sikat Dagu dengan Beringas, Menang KO Brutal dalam 30 Detik!

Sejatinya, Kevin dan anggota skuad Indonesia lainnya, akan berlaga di tiga turnamen yang bakal berlangsung secara simultan di Impact Arena, Bangkok.

Diawali dua turnamen berkategori BWF Super 1000, yaitu Yonex Thailand Open yang berlangsung pada 12-17 Januari dan Toyota Thailand Open (19-24 Januari). Selain itu, delapan pemain atau pasangan dengan peringkat terbaik dunia akan melanjutkan bertarung di BWF World Tour Finals 2020 (27-31 Januari).

Karena positif terinfeksi virus Covid-19, Kevin pun batal tampil di Bangkok. Bersama Marcus Fernaldi Gideon, pasangan ganda putra nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama ini pun terpaksa mundur dari seluruh rangkaian kejuaraan tersebut.

Walau Marcus/Kevin gagal berangkat, tim Indonesia tetap bertolak ke Bangkok. Sebelumnya, pemain nomor satu dunia Kento Momota juga positif terinfeksi Covid-19. Bedanya, tim nasional Jepang mundur dari ajang itu.

Comment