KLHK Berikan Bantuan Kepada Desa Rawan Karhutla

KalbarOnline, Ketapang – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memberikan bantuan berupa kendaraan roda dua dan pompa punggung manual kepada 14 Desa yang rawan terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Ketapang.

Penyerahan bantuan yang dilakukan Kepala BPBD Provinsi Kalbar, di markas Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Ketapang, yang dihadiri langsung para Kades dari desa rawan Karhutla, beberapa waktu lalu.

Dengan bantuan tersebut KLHK berharap dapat membantu meminimalisir terjadinya Karhutla di desa-desa rawan tersebut.

Kepala BPBD Provinsi Kalbar, Drs. T. T. A. Nyarong, mengucapkan terima kasih kepada Menteri KLHK serta Direktur PKHL yang telah memberikan bantuan kepada desa-desa rawan karhutla di Kalbar.

“Pemberian bantuan operasional kepada perangkat desa Ini merupakan upaya dalam pengendalian karhutla yang ada di Kalbar khususnya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Badan Usaha di Ketapang Wajib Lengkapi Pekerja dengan BPJS Ketenagakerjaan

Lebih lanjut, ia mengatakan dari total 182 desa yang dianggap rawan karhulta, hingga saat ini sudah ada 80 desa yang mendapat bantuan. Kedepan ia berharap tak hanya KLHK, tetapi pihak-pihak terkait lain juga dapat memberikan bantuan terutama di desa-desa sisa yang belum mendapatkan bantuan.

Suandi, Kepala Desa Sungai Pelang, Kecamatan Matan Hilir Selatan yang mendapatkan bantuan, mengaku senang, ia berharap bantuan yang didapat desanya bisa membantu dalam proses pengendalian karhutla diwilayahnya.

“Apalagi diwialayah kami gambutnya sangat luas sehingga rawan kebakaran. Dengan bantuan ini semoga bisa membantu kami mencegah dan meminimalisir karhulta,” akunya.

Baca Juga :  Febriadi Lantik Anggota Baru Komunitas Pramuka Peduli Ketapang ke-14

Sementara Kepala Manggala Agni Daops Ketapang, Rudi Windra Darisman mengatakan 14 desa di Ketapang yang dianggap rawan karhutla dan mendapatkan bantuan diantaranya Desa Mekar Utama, Seriam Jaya, Pembedilan, Pangkalan Batu Kecamatan Kendawangan, Desa Kuala Satong dan Laman Satong Kecamatan Matan Hilir Utara, Desa Sungai Pelang Kecamatan Matan Hilir Selatan, Desa Riam Danau Kanan Kecamatan Jelai Hulu, Desa Sungai Kelik Kecamatan Nanga Tayap, Desa Kualan Hilir, Desa Tumbang Titi Kecamatan Tumbang Titi, Desa Sungai Awan Kanan Kecamatan Muara Pawan, Desa Manis Mata Kecamatan Manis Mata dan Desa Randai Kecamatan Marau.

“Selain 14 Desa di Ketapang, ada 5 Desa di Kayong Utara juga yang mendapatkan bantuan diantaranya Desa Kemboja Kecamatan Pulau Maya, Desa Sungai Mata-Mata dan Matan Jaya Kecamatan Simpang Hilir, Desa Sedahan Jaya Kecamatan Sukadana dan Seponti Jaya Kecamatan Seponti,” pungkasnya. (Adi LC)

Comment