Atlet PPLP Kalbar Bakal Wakili Indonesia di Ajang Atletik Internasional

KalbarOnline, Pontianak – Seorang atlet PPLP binaan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Katyea Ebri Safitri berhasil membuktikan prestasi terbaiknya. Ia akan mewakili Indonesia dalam kejuaraan atletik tingkat internasional pada 22 – 27 April mendatang.

Katyea Ebri Safitri bakal berlaga dalam ajang Asian U20 Athletics Championship 2024 (Kejuaraan Atletik Asian U20) di Dubai untuk lompat jauh dan lompat jangkit. Katyea berhasil mendapatkan tiket kejuaraan tingkat Asia tersebut setelah mampu memperoleh dua medali perak dalam ajang SEA Youth Athletics Championship 2023 di Thailand.

Atlet muda Kalbar berusia 18 tahun itu sebelumnya juga berhasil menggondol dua medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke XVI pada September 2023 lalu. Katyea bahkan digadang-gadang sebagai the next Maria Natalia Londa, seorang atlet atletik berprestasi Indonesia.

Katyea mengungkapkan rasa optimisnya bakal menorehkan prestasi terbaik dalam kejuaraan atletik tingkat Asia di Dubai. Sejumlah persiapan menurutnya telah dilakukan untuk menghadapi laga bergengsi tersebut dengan didampingi pelatih dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kalbar.

“Saya sudah tiga tahun di PPLP Kalbar yang merupakan binaan Disporapar Kalbar,” ucap Katyea usai pelepasan keberangkatannya ke Dubai pada Jumat (19/04/2024).

Katyea secara resmi dilepas oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson didampingi Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari di Pendopo Gubernur Kalbar. Katea diharapkan bisa menjadi motivasi bagi putra-putri Kalbar yang lain. Terutama untuk membuktikan prestasinya hingga ke tingkat internasional.

Dalam ajang kejuaraan atletik Asia U20 mendatang, Katyea optimis mampu kembali menorehkan prestasi terbaik. Dua negara yang diwanti-wanti Katyea yakni China dan Vietnam. Dirinya menargetkan mampu meraih medali perak namun meskipun demikian ia akan mengusahakan akan menggondol medali emas.

Baca Juga :  Pemkot Bantu Biaya Pengobatan Warga Tidak Mampu

“Kalau (negara) yang diwanti-wanti yakni China sama Vietnam, kita targetkan medali perak tapi saya usahakan untuk mendapatkan emas,” ungkap optimis Katyea.

Kepala Disporapar Kalbar, Windy Prihastari berharap, ke depan akan muncul Katyea-Katyea lain yang mampu mengharumkan nama Kalbar baik ditingkat nasional bahkan internasional. Dirinya mengungkapkan, Disporapar Kalbar berkomitmen terus membangun iklim prestasi olahraga sejak dini.

Windy mengungkapkan, pembinaan kepada atlet-atlet memang seharusnya dimulai dari tingkat pelajar. Salah satunya seperti upaya yang dilakukan Disporapar Kalbar kepada atlet yang tergabung dalam PPLP.

“Untuk mencetak atlet berprestasi itu, kita bisa mulai memberikan pembinaan dan pelatihan tiap cabang olahraga, dimulai dari para atlet di tingkat pelajar,” kata Windy.

Windy menuturkan, pembinaan dan pelatihan yang diberikan tersebut dalam upaya untuk mencetak atlet berprestasi di Provinsi Kalbar. Seiring dengan peningkatan kapasitas, dan kemampuan mereka di bidang olahraga yang ditekuni.

“Semakin banyak mereka dibina, dilatih. Maka para atlet pelajar ini akan semakin terbentuk dan akan semangat terus untuk mengasah kemampuan mereka,” jelas Windy.

“Tak hanya dari sisi olahraga saja, mereka pun akan terbiasa disiplin terhadap diri mereka sendiri. Jadi tahu apa yang harus mereka persiakan, untuk target atau prestasi yang ingin mereka raih,” tambahnya.

Windy menyampaikan untuk membentuk atlet dari tiap cabang olahraga memang pembinaan harus dilakukan sejak awal misalnya dari tingkat pelajar. Sehingga mereka akan semakin bagus apabila dibina dan dilatih sejak dini mungkin.

Untuk itu berbagai upaya pembinaan kepada para atlet-atlet muda kini terus digencarkan termasuk kepada mereka yang tengah PPLP Provinsi Kalbar.

Baca Juga :  Proses Pengadaan Barang dan Jasa Pemkot Pontianak Prioritaskan Produk Lokal

Beragam perhatian diberikan Disporapar Kalbar kepada para atlet muda di PPLP agar mereka ke depan mampu mencetak prestasi baik ditingkat provinsi, nasional, hingga internasional.

“Untuk meningkatkan prestasi atlet PPLP Kalbar, pelatih terus melakukan pembinaan dan pelatihan dengan memanfaatkan fasilitas olahraga di kawasan Gelora Khatulistiwa,” jelas Windy.

Sementara itu Pelatih PPLP Kalbar, Adi Pani mengungkapkan rasa optimisnya, kalau Katyea Ebri Safitri bakal meraih prestasi terbaik dalam ajang kejuaraan atletik Asia U20 di Dubai. Apalagi dengan melihat rekam jejak prestasi Katyea beberapa waktu terakhir.

Misalnya pada Mei 2024 lalu, Katyea dalam nomor lompat jauh sudah mampu mencapai 6,15 meter dan pada lompat jangkit sudah mendekati 13 meter. Jika hal itu mampu dipertahankan, maka besar kemungkinan Katyea akan meraih medali dalam ajang kejuaraan atletik Asia U20 di Dubai.

“Katyea itu sekarang lompat jauhnya mampu diatas enam meter artinya kedepan dirinya bakal go internasional di Sea Games atau Asian Games jika dilihat dari rekam jejak prestasinya terakhir,” jelas Adi.

Kemudian dikatakan Adi, jika dilihat dari prestasi pada kejuaraan yang sama tahun lalu peraih medali emas yakni China dengan capaian lompat jauh 6,21 meter sementara perak diraih India dengan lompatan 5,90 meter. Jika capaian Katyea dapat dipertahankan maka ia akan meraih medali di Dubai.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa khususnya di atletik Indonesia yang langka sekali untuk meraih prestasi hingga tingkat Asia,” katanya.

“Kalau U20 (Dubai) ini dia (katyea) dapat medali dia bisa ikut kejuaraan dunia di Peru pada akhir tahun ini,” tutup Adi. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment