Pj Gubernur Harisson bersama Istri Hadiri Festival Ramadhan Kemenag RI di Kampung Caping Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson bersama istri yang juga Pj Ketua TP PKK Kalbar, Windy Prihastari menghadiri Festival Ramadhan 2024 yang digelar oleh Kementerian Agama RI di Kampung Caping Pontianak, Jumat (22/03/2024).

Agenda ini juga dilaksanakan secara virtual dengan dihadiri Wakil Menteri Agama, Saiful Rahmat Dasuki serta diikuti beberapa provinsi lainnya di Indonesia, termasuk Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalbar, Muhajirin Yanis.

Festival Ramadhan 2024 merupakan kegiatan yang dikemas dengan rangkaian aksi bakti sosial seperti santunan, bazar amal dan program donasi. Tujuan lain dari agenda ini guna meningkatkan kelembagaan zakat, mendorong partisipasi masyarakat dalam memperkuat kolaborasi antar lembaga zakat serta mensejahterakan dan mengentaskan kemiskinan di Indonesia, khususnya di Provinsi Kalbar.

Sebelum memulai Festival Ramadhan 2024 secara serentak itu, Pj Gubernur bersama Pj Ketua TP PKK Kalbar serta Ketua DWP Kemenag Kalbar menyerahkan sembako kepada warga Kampung Caping dengan mendatangi rumahnya.

Baca Juga :  Ahli: Sedihnya Kasus Aktif Covid-19 Indonesia Lebih Banyak dari India

Harisson mengatakan, bahwa Kementerian Agama RI mengumpulkan seluruh lembaga-lembaga zakat di Indonesia, dan saat ini telah menghimpun 1 juta paket sembako untuk diserahkan kepada masyarakat yang menerima zakat di seluruh Indonesia.

“Ke depan kita harapkan lembaga-lembaga zakat ini terus berkolaborasi dengan Kementerian Agama maupun Pemerintah Provinsi Kalbar dalam menyalurkan zakatnya ke masyarakat kita yang membutuhkan,” kata Harisson.

Dirinya menambahkan, bahwa bantuan yang sosial kepada masyarakat ini tidak hanya diberikan pada saat di Bulan Ramadhan, namun setiap saat, untuk mengurangi beban masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dari pemerintah.

“Kalau selama ini kita memberikan bansos dalam pengendalian inflasi, namun pada bulan suci Ramadhan ini dalam rangka kita mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara kita memberikan perhatian kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tutupnya.

Selanjutnya, Pj Gubernur, Kakanwil Kemenag Kalbar dan Pj Ketua TP-PKK Kalbar menyerahkan paket sembako secara simbolis kepada penerima manfaat. Nantinya, sebanyak 27.300 sembako diserahkan untuk seluruh masyarakat Kalbar yang membutuhkan.

Baca Juga :  Jalankan Visi Menteri BUMN, Dirut PLN Dinobatkan Jadi CEO of The Year

Wamenag RI, Saiful Rahmat Dasuki juga menyapa langsung Pj Gubernur Kalbar yang ikut berpartisipasi dalam penyerahan sembako yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“Kementerian Agama siap menerbitkan dan membangun berbagai infrastruktur tata kelola zakat. Akselerasi transformasi tata kelola zakat akan sangat bergantung pada sinergi dan kolaborasi antara regulator dan pelaksana di lapangan,” ucap Wamenag RI via daring.

Dirinya menambahkan, bahwa Kementerian Agama RI telah menggagas berbagai strategi, salah satunya merancang tata kelola zakat yang lebih terorganisir dan terstruktur guna mendistribusikan serta memeratakan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Tata kelola zakat tidak boleh lagi berjalan sendiri-sendiri. Ini bukan hanya tanggung jawab satu entitas, melainkan tanggung jawab kita bersama untuk memastikan bahwa zakat benar-benar memberikan dampak yang signifikan,” ujarnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment