Giliran Kadisdikbud Kalbar Belikan Pakaian Lebaran Anak-anak Yatim dan Dhuafa

KalbarOnline, Pontianak – Sejumlah pejabat di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) seolah terus berlomba menebar kebaikan guna mencari keberkahan di bulan suci Ramadhan. Salah satunya dengan mengajak para anak yatim dan dhuafa berbelanja pakaian lebaran.

Seperti misalnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Provinsi Kalbar, Rita Hastarita yang juga merupakan Founder Peduli Kasih Anak Kalimantan.

Aksi sosial Rita tersebut dilakukan pada Sabtu, 16 Maret 2024, di mana ia mengajak sejumlah anak ke salah satu pusat perbelanjaan di Kota Pontianak. Anak-anak ini pun dibebaskan untuk memilih sendiri pakaian lebaran Idul Fitri yang mereka sukai.

“Anak-anak ini merupakan yatim piatu yang sehari-hari tinggal bersama keluarganya, baik itu datok, nenek, bibi atau keluarga lainnya,” ungkap Rita.

Baca Juga :  Kadisdik Kalbar Temukan Sejumlah Persoalan dalam Proses PPDB Online

Rita menjelaskan, kalau aksi sosial ini memang selalu rutin dilakukannya, dan ini merupakan tahun kelima ia mengajak para anak kurang mampu untuk berbelanja baju lebaran.

Founder Peduli Kasih Anak Kalimantan, Rita Hastarita foto bersama usai mengajak puluhan anak yatim piatu belanja baju lebaran. (Foto: */KalbarOnline.com)

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, target saya 1000 anak akan kita berikan berbagai program kebaikan selama bulan Ramadhan ini. Kegiatan akan saya laksanakan sampai dengan hari terakhir Ramadhan, bukan hanya di perkotaan, tetapi menjangkau beberapa daerah terpencil juga,” ujarnya.

Rita berharap seraya berdoa, agar ia terus diberikan kelapangan rezeki dan umur panjang serta konsistensi, agar ia dapat terus istiqomah melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya.

Baca Juga :  Rita Hastarita: ASN Kalbar Harus Pegang Teguh Budaya Kerja BerAKHLAK

“Anak-anak sangat senang karena mereka bebas memilih baju dan sepatu atau sandal di pusat perbelanjaan. Harapan saya tentunya kegiatan ini memberikan kebahagiaan kepada mereka,” tuturnya.

Rita tak menampik, bahwasanya selama maupun di luar bulan Ramadhan, pihaknya juga memiliki banyak program yang menyasar pada kebutuhan anak-anak kurang mampu, baik di gerakan sosial Peduli Kasih Anak Kalimantan yang dimotorinya maupun di Disdikbud Kalbar yang dikepalainya.

“Selain belanja baju lebaran, masih ada banyak program kebaikan selama bulan Ramadhan ini, berbagi makanan buka puasa, bantuan sepatu pelajar, pembagian sembako, dan bantuan untuk dhuafa, dan lain-lain,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment