Ungkap Syukur Pemilu Damai, FKUB Kapuas Hulu Gelar Doa Lintas Agama

KalbarOnline, Putussibau – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar doa bersama lintas agama atas ungkapan rasa syukur dengan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 yang aman dan damai.

Kegiatan doa bersama ini dilaksanakan di Aula Gedung FKUB Kabupaten Kapuas Hulu, Sabtu (09/03/2024).

Tampak hadir dalam kesempatan itu Ketua FKUB Kapuas Hulu, Zainudin, Kasdim 1206 Putussibau, Mayor Info Supriyono, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar, Ketua Nahdlatul Ulama Kapuas Hulu, M Yusuf Habibi, Sekretaris DAD Hotoni, Sekretaris Pemuda Pancasila, Iman Sudjudi beserta anggota, serta Wakil Ketua Pemuda Katolik, Ateng Surasthy dan anggota.

Kemudian hadir pula Ketua BEM PD Polnep Kapuas Hulu, Amizha Selomitha beserta anggota, Wakil Ketua BEM STIT Iqra Jupita Ambarwati beserta anggota, tokoh agama Islam, tokoh agama Katolik, Tokoh Agama Kristen Protestan dan pengurus FKUB Kabupaten Kapuas Hulu.

Ketua FKUB Kapuas Hulu, Zainudin menyampaikan, doa ini mengandung banyak makna, salah satunya sebagai bentuk wujud bahwa manusia rendah di hadapan Tuhan, sehingga perlu bantuan Tuhan dalam segala hal.

Baca Juga :  Kapuas Hulu Bebas dari Desa Sangat Tertinggal

“Konsep toleransi itu sangat lemah apabila kita tidak mengusung kesetaraan, maka konsep kesetaraan harus kita terapkan sehingga tidak ada yang merasa tinggi di hadapan Tuhan,” jelasnya.

Zainudin mengungkapkan, tujuan secara umum kegiatan ini guna mengungkapkan rasa syukur karena beberapa waktu lalu Kapuas Hulu berhasil melewati pesta demokrasi dengan aman dan damai.

“Puji syukur kepada Tuhan atas terselenggara pemilu yang damai di wilayah kita Kabupaten Kapuas Hulu,” katanya.

“Pentingnya doa bersama ini kita laksanakan untuk meningkatkan persaudaraan kita antar umat beragama untuk tetap menjaga erat tali silaturahmi antar anak bangsa, sehingga terciptanya toleransi antar umat beragama serta kerukunan antar anak bangsa di Kabupaten  Kapuas Hulu,” kata Zainudin.

FKUB berharap, kegiatan doa bersama ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial, melainkan membuahkan hasil untuk menciptakan Kapuas Hulu yang semakin kokoh dalam persaudaraan.

“Sehingga tidak mudah diprovokasi untuk memecah belah antar umat beragama,” katanya.

Sementara itu, Kasdim 1206 Putussibau, Mayor Inf Supriyono mengucapkan puji syukur, bahwa Kapuas Hulu telah berhasil menyelesaikan event nasional yaitu pemilu 2024 yang aman dan damai.

Baca Juga :  Memasuki Semester Genap, SMPN I Kalis Gelar Berbagai Program Kegiatan

“Dalam hal ini kami menyampaikan  terima kasih kepada para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para mahasiswa yang telah membantu kami dalam menjaga keamanan selama tahapan pemilu berlangsung. Karena sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan bupati, dan gubernur, pesan kami mari kita kawal bersama selama tahapan berlangsung,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakapolres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik kegiatan doa bersama ini. Atas nama pimpinan, Dahomi menuturkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak sehingga tahapan pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai.

“Kami membayangkan, pemilu tidak akan berjalan dengan aman dan terkendali apabila tidak ada dukungan dari berbagai pihak,” ungkapnya sembari menambahkan, bahwa terkait pengawalan pilkada 2024, Polres Kapuas Hulu juga sudah mempersiapkan Operasi Mantap Praja Kapuas.

Selanjutnya, prosesi doa agama Islam dipimpin oleh Syamsudin, doa dengan agama Katolik dipimpin oleh Luther, serta doa dengan agama Kristen Protestan dipimpin oleh F Impoi. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment