Deklarasi Dukung Ganjar-Mahfud, Eks KSAU: Kita Lawan Orang Tak Beretika

KalbarOnline, Nasional – Sejumlah purnawirawan perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI-AU) mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon Presiden-Wakil Presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

Para purnawirawan yang tergabung dalam organisasi “Elang Indonesia Maju untuk Ganjar-Mahfud” mendeklarasikan dukungan tersebut di Hotel JW Marriott, Jakarta, pada Rabu, 7 Februari 2024.

Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid tampak hadir dalam acara tersebut. Deklarasi ini dihadiri oleh sekitar 100 purnawirawan perwira tinggi TNI AU, antara lain Marsdya (Purn) Dede Rusamsi, Marsda (Purn) Slamet Prihatino, dan Marsdya Ian Santoso. Tampak pula mantan KSAL Laksamana (Purn) Kent Sondakh.

Deklarasi dukungan ini diiringi dengan pembacaan pernyataan sikap para purnawirawan yang prihatin melihat situasi sosial politik Indonesia saat ini. Mereka menilai demokrasi yang dibangun susah payah saat Reformasi 1998 kini mengalami kemunduran. Terlebih lagi, mereka melihat praktik hukum dan kekuasaan saat ini dijalankan tanpa etika, sebagaimana yang terjadi pada Putusan 90 Mahkamah Konstitusi.

“Ternyata KPU-nya melanggar etika juga. Pembagian bansos pun dijalankan tanpa etika. Orang tanpa etika pasti tidak benar. Satu-satunya yang kita lakukan adalah melawan orang-orang itu,” ujar mantan Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal (Purn) Agus Supriatna, yang juga Pembina Elang Indonesia Maju.

Baca Juga :  Hadapi Pemilu 2024, Bupati Fransiskus Diaan Kumpulkan Para Camat dan Kepala OPD

Agus menambahkan, kesulitan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat luas, penyalahgunaan infrastruktur kekuasaan untuk kepentingan tertentu, serta praktik berpolitik yang semakin menjauh dari nilai-nilai etika dan moral, telah merongrong pondasi bangsa.

Menurut Agus, para purnawirawan merasa terpanggil untuk ikut serta dalam upaya menyelamatkan nilai-nilai yang telah diperjuangkan. Dalam situasi kritis ini, menurutnya, para purnawirawan TNI AU melihat sosok Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai representasi kepemimpinan yang Indonesia lengkap dan dibutuhkan.

“Dukungan ini kami berikan secara penuh dan tak tergoyahkan kepada pasangan Ganjar dan Mahfud,” tegasnya.

Arsjad Rasjid mengatakan, pilpres 2024 bukan tentang perpindahan kekuasaan, tetapi tentang kelangsungan nasib demokrasi bangsa Indonesia. Berbagai bentuk keberpihakan dan tekanan yang dilakukan oleh aparatur pemerintah serta aparat penegak hukum telah menodai asas netralitas. Rakyat bukannya didorong maju dengan politik berintegritas, malah disuguhkan praktik demokrasi yang mengkhawatirkan.

Baca Juga :  Direksi PLN Pastikan Progres Interkoneksi Kelistrikan Kalbar – Kalteng Sesuai Rencana

“Sulit dibayangkan ini terjadi hari ini, setelah lebih dari dua dekade kita melewati Reformasi,” ujar Arsjad menyesalkan.

Ketua Umum Elang Indonesia Maju, Marsdya (Purn) Dede Rusamsi, saat membacakan naskah deklarasi, mendesak Presiden Joko Widodo dan semua pejabat negara, aparatur hukum, termasuk TNI dan Polri, untuk tetap netral dan menjaga demokrasi agar pemilu dapat terselenggara secara umum, langsung, bebas, rahasia, dan adil sesuai ketentuan yang terkandung dalam UUD 1945 dan UU Pemilu Nomor 17/2017.

Dede yang juga mantan Wakil Kepala Staf Angkatan Udara, mengingatkan KPU, Bawaslu, dan DKPP selaku penyelenggara pemilu agar bertugas secara profesional dan bersungguh-sungguh sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku.

“Kami menyerukan kepada masyarakat dan elemen bangsa secara bersama-sama untuk mewujudkan iklim demokrasi yang sehat, beretika, dan bermartabat, untuk memastikan pemilu mendapat legitimasi yang kuat berbasis penghormatan suara rakyat,” tegas Dede. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment