Masalah Kesehatan Harus Diatasi Lintas Sektoral

KalbarOnline, Nasional – Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menilai bahwa permasalahan kesehatan di Indonesia harus diatasi lintas sektoral.

Pasalnya kata dia, salah satu persoalan utama pusat kesehatan masyarakat di tanah air saat ini selalu diarahkan dan terlalu fokus kepada hal-hal yang bersifat kuratif.

“Jadi urusan kesehatan seakan menjadi urusan kementerian kesehatan dan dinas kesehatan saja, padahal salah satu masalah utama kesehatan banyak disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat,” kata Anies dalam debat kelima pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan KPU, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (04/02/2024) malam.

Maka dari itu, lanjut Anies, dengan mengatasi permasalahan kesehatan lintas sektoral, masalah kesehatan bisa diatasi dengan berimbang antara promotif, preventif dan kuratif.

Baca Juga :  Hari Pertama Libur Panjang, Ini 5 Besar Kota yang Dituju

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bercerita, bahwa langkah tersebut pernah dilakukan di Jakarta, yakni dengan membangun sumber air bersih di Kepulauan Seribu agar masyarakat di sana bisa mendapatkan air yang sehat.

Selain itu, dibangun pula berbagai taman, jalur sepeda, trotoar agar para pejalan kaki nyaman, hingga menyelenggarakan festival olahraga.

“Jadi, unsurnya adalah lintas sektoral supaya dana itu bukan hanya pada Dinas Kesehatan. Tapi pada semua bidang yang terkait promotif dan preventif,” tutur Anies.

Sebelumnya, KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Baca Juga :  Rakercab PDIP Kapuas Hulu, Karolin: Kapuas Hulu Siap Rebut Kursi Pimpinan

Debat pamungkas pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Debat pertama pilpres 2024 sebelumnya telah diselenggarakan pada 12 Desember 2023, debat kedua pada 22 Desember 2023, debat ketiga pada 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment