Harisson Kenang Masa Berdinas di Kapuas Hulu, Perjuangkan Bangun Puskesmas Puring Kencana

KalbarOnline, Kapuas Hulu, – Di Sela-sela agenda kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kapuas Hulu, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Harisson menyempatkan diri mengunjungi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Puring Kencana, Kamis (11/01/2024).

Harisson mengenang masa dirinya dahulu berdinas di Kabupaten Kapuas Hulu, saat ia mengemban amanah sebagai kepala dinas kesehatan, Puskesmas Puring Kencana menjadi salah satu fasilitas kesehatan yang berhasil diperjuangkannya.

Dirinya melakukan lobi-lobi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI agar Kecamatan Puring Kencana dibangunkan puskesmas yang representatif, mengingat letaknya yang berbatasan langsung dengan Sarawak-Malaysia.

Baca Juga :  Pemprov Kalbar Optimis Program Ekonomi Hijau Terwujud Tahun 2045

“Puskesmas ini waktu itu masih belum representatif padahal ini daerah perbatasan, jadi saya waktu itu datang ke kemenkes saya minta dibangunkan puskesmas di daerah perbatasan,” kata Harisson.

Dirinya pun menceritakan perjuangan yang harus dilalui semasa membangun Puskesmas Puring Kencana. Kondisi infrastruktur yang belum memadai saat itu menurutnya menjadi tantangan dalam membangun fasilitas kesehatan bagi warga di perbatasan negara tersebut.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Ikuti Rakor Bersama Apkasi dan Kemenpan RB Tentang Penyelesaian Masalah Tenaga Non ASN

Bahkan diungkapkan Harisson, untuk mengangkut material pembangunan Puskesmas Puring Kencana seperti pasir harus menggunakan kaleng blek. Hal itu lantaran kondisi infrastruktur saat itu masih belum memadai. Namun kini fasilitas kesehatan tersebut telah dimanfaatkan masyarakat di perbatasan negara.

Alhamdulillah kini masyarakat di perbatasan negara ini sudah bisa menikmati layanan kesehatan di Puskesmas Puring Kencana,” tutup Harisson. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment