Pemprov Kalbar Respon Cepat Bantuan Korban Banjir di Sejumlah Daerah

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar, Harisson memastikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) memberikan perhatian serius terhadap sejumlah wilayah yang terdampak bencana banjir.

Bantuan dari Pemprov Kalbar, mulai dari sembako, selimut, tenda serbaguna, makanan siap saji dan lainnya pun dipastikan telah dikirimkan ke wilayah-wilayah terdampak bencana.

“Untuk Bengkayang kami sudah memberikan bantuan, untuk Landak juga sudah diberikan bantuan,” kata Pj Gubernur Harisson saat diwawancarai pada Senin (08/01/2024).

“Untuk Kapuas Hulu dalam beberapa hari ke depan saya akan berkunjung ke Kapuas Hulu juga memberikan bantuan,” sambungnya.

Harisson mengungkapkan, Pemprov Kalbar tetap akan memperhatikan risiko-risiko terjadinya bencana disejumlah kabupaten kota, serta memberikan bantuan bantuan kepada daerah-daerah yang mengalami bencana banjir puting beliung dan tanah longsor (batingsor).

Dirinya pun mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi kemungkinan hal yang tidak diinginkan. Apalagi menurutnya pada Oktober, November, Desember, Januari dan Februari mendatang diprediksi akan mengalami fenomena el nino.

Baca Juga :  Redam Liarnya Media Sosial, Sutarmidji Sebut Butuh Peran MUI Sebagai Pengawasan

“Saya harapkan masyarakat tetap waspada, pemprov akan tetap memperhatikan risiko-risiko terjadinya bencana,” ungkap Harisson.

Seperti diketahui, bantuan dari Pemprov Kalbar kepada masyarakat terdampak banjir di Kabupaten Bengkayang disalurkan melalui beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Diantaranya bantuan yang disalurkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar yakni 50 dus mie instan, 40 kilogram gula pasir, 20 liter minyak goreng, 100 kopi kemasan dan 1 kotak teh celup.

Lalu bantuan yang disalurkan oleh Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar sebanyak 214 paket sembako, dengan masing-masing paket berisikan lima kilogram beras, dua kilogram gula pasir, dua liter minyak goreng, dua kaleng susu, lima bungkus mie instan dan satu kotak teh celup.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Ikuti Rakornas Tinjauan Inflasi Terkini

Kemudian bantuan yang disalurkan oleh Dinas Sosial Provinsi Kalbar berupa tenda serbaguna keluarga sebanyak dua unit, makanan siap saji 710 paket, lauk pauk siap saji 200 paket, sandang dewasa 50 paket, kasur 50 lembar dan kid ware 24 paket.

Bantuan lain juga telah disalurkan Pemprov Kalbar kepada masyarakat terdampak bencana di Kabupaten Landak. Diantaranya bantuan disalurkan oleh BPBD Kalbar yakni 50 dus mie instan, 40 kilogram gula pasir, 20 liter minyak goreng, 100 kopi kemasan dan 15 kotak teh celup.

Lalu bantuan juga disalurkan oleh Dinas Sosial Kalbar yang diantaranya 160 lembar selimut, 1.480 paket makanan siap saji, 80 lembar tenda gulung, 50 paket sandang dewasa, 160 lembar kasur, 72 paket kid ware dan 100 paket family kit. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment