Pj Gubernur Kalbar Tanam Seribu Pohon Untuk Indonesia: Perbaiki Kondisi Lingkungan Hidup

KalbarOnline, Mempawah – Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Harisson mendampingi kunjungan kerja (kunker) Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Bambang Hendroyono dalam rangka penanaman pohon serentak se-Indonesia di Dusun Parit Baru, Desa Wajok Hulu, Kecamatan Jungkat, Kabupaten Mempawah, Sabtu (30/12/2023) pagi.

Dalam kegiatan tersebut, sebanyak seribu bibit pohon ditanam di atas lahan seluas dua hektare, sebagai upaya mitigasi perubahan iklim.

Mengawali sambutannya, Pj Gubernur Harisson mengucapkan selamat datang kepada Sekjen KLHK. Ia merasa bangga dan senang karena sekjen yang merupakan orang nomor dua di KLHK bisa hadir langsung dalam agenda penanaman pohon serentak tersebut.

Lebih lanjut Harisson menilai, bahwa kegiatan ini sangat positif, lantaran melihat kondisi lingkungan akhir-akhir ini, ditambah lagi dengan adanya fenomena el-nino, yang menyebabkan ketidakpastian cuaca, termasuk di Kalbar sendiri.

Baca Juga :  Satu Lagi Jemaah Haji Asal Kalbar Meninggal Dunia di Mekkah

“Di Kalbar ini kalau kita musim kering, ada bencana asap (kebakaran hutan dan lahan), kalau musim hujan terjadi banjir. Itu karena dampak el-nino, dan perubahan iklim, yang sebenarnya kita sendirilah yang membuat itu terjadi,” katanya.

 

Kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia di Kalbar ini dilaksanakan di lokasi Kebun Bibit Rakyat Indonesia, dengan diikuti sekitar 1.000 peserta. (Foto: Jauhari)
Kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia di Kalbar ini dilaksanakan di lokasi Kebun Bibit Rakyat Indonesia, dengan diikuti sekitar 1.000 peserta. (Foto: Jauhari)

“Karena itu kita harus cepat sadar, memperbaiki kondisi lingkungan hidup, seperti hari ini dengan penanaman pohon serentak. Ini bukan main-main, karena dihadiri langsung oleh Pak Sekjen,” sambung Harisson.

Dirinya pun berharap, agar ke depan Kalbar terus mendapat banyak perhatian dari KLHK. Selain Harisson juga berharap agar kegiatan ini hendaknya menjadi pemicu bagi stakeholder lainnya untuk mereboisasi pohon-pohon di Kalbar.

“Saya juga berharap apa yang ditanam ini, dijaga. Jangan sampai ditanam 10 ribu pohon, yang bertahan hanya 10 pohon, harusnya bisa bertahan 12 ribu, karena tentu banyak bibit lain (dilebihkan) yang kita sisipkan dalam penanaman ini,” pintanya.

Baca Juga :  Tambah 29 Kasus Per 1 Oktober, Total Konfirmasi Covid-19 di Kalbar Capai 1011 Kasus

Sebagai informasi, kegiatan penanaman pohon serentak se-Indonesia di Kalbar ini dilaksanakan di lokasi Kebun Bibit Rakyat Indonesia, dengan diikuti sekitar 1.000 peserta. Adapun pohon yang ditanam terdiri dari bibit pohon sengon, jambu kristal, jambu air, jelutung, bantingor, nangka, cempedak, jengkol dan lainnya.

Dalam kesempatan itu juga, sekaligus dilaksanakan penyerahan petikan SK Menteri LHK tentang Green Ambassador terhadap simpul pelajar di Kalbar, yang mana se-Indonesia ada ribuan pelajar yang dilibatkan sebagai Green Ambassador yang notabene merupakan generasi penerus bangsa dalam rangka melakukan mitigasi, rehabilitasi serta menjaga lingkungan hidup yang berkelanjutan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment