Bupati Kapuas Hulu Minta Pelayanan RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau Lebih Bermutu dan Berkualitas

KalbarOnline, Putussibau – Bupati Kapuas, Hulu Fransiskus Diaan meresmikan gedung RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau, Senin (20/11/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Fransiskus menegaskan soal amanat Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan yang menyatakan bahwa setiap orang mempunyai hak dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas dan efisien.

“Demi terwujudnya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya sebagai investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif  secara sosial dan ekonomi,” katanya.

Dirinya menekankan, kalau amanat undang-undang tersebut sejalan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kapuas Hulu Hebat, yakni mewujudkan Kapuas Hulu yang sejahtera dalam pelayanan kesehatan dasar yang bermutu bagi masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Kapuas Hulu,” jelasnya.

Adapun strategi bagi pemenuhan pembangunan kesehatan tersebut, dengan salah satunya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan pada rumah sakit yang ada.

Baca Juga :  Kementan RI Komitmen Wujudkan Kalbar Bebas PMK, Caranya?
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan foto bersama dalam acara peresmian Gedung RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan foto bersama dalam acara peresmian Gedung RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau. (Foto: Ishaq/KalbarOnline.com)

“RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau merupakan salah satu pusat pelayanan dan rujukan di Kabupaten Kapuas Hulu. Selain itu, berbagai fasilitas kesehatan sudah mulai dilengkapi, seperti poli penyakit dalam, kebidanan, unit radiologi, laboratorium, poli anak, poli bedah, poli gigi dan fisioterapi, yang berfungsi sebagai pelayanan dan penyediaan untuk masyarakat Kabupaten Kapuas Hulu,” paparnya.

Sarana dan prasarana RSUD merupakan salah satu wujud komitmen Pemkab Kapuas Hulu untuk senantiasa mendukung pelayanan kesehatan yang lebih baik dan sekaligus menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Sudarso menjelaskan, bahwa pembangunan Gedung B RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau berjumlah 4 lantai. Sedangkan gedung C juga sebanyak 4 lantai.

Baca Juga :  Kapuas Hulu Punya Empat Destinasi Unggulan dari 115 Objek Wisata, Apa Saja?

“Gedung tersebut dibangun sejak tahun 2019 lalu dengan lima tahapan pembangunan hingga tahun 2023. Adapun sumber dana, yaitu bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU), dengan total anggaran sebesar Rp 177,4 miliar,” ungkapnya.

Turut hadir dalam peresmian tersebut Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi, Kapolres Kapuas Hulu, Kasdim 1206 Putussibau, Kajari Kapuas Hulu dan Ketua Pengadilan Negeri Kapuas Hulu.

Selanjutnya, hadir pula Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini, Kepala Rutan Kelas IIB Putussibau, kepala OPD, Direktur RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau beserta staf, Camat Putussibau Utara , Camat Putussibau Selatan, Lurah Hilir Kantor, Lurah Putussibau Kota dan tamu undangan lainya. (Haq)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment