Rangkaian HSP 2023, Disporapar Kalbar Gelar Coaching Clinic “Ayo Olahraga”

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka mengisi peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-95 tahun 2023, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar coaching clinic “Ayo Olahraga” pelajar dan pemuda berprestasi untuk daerah Kalbar, di Stadion SSA Pontianak, Sabtu (21/10/2023) pagi.

Kegiatan itu berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Jasmani FKIP Untan yang sekaligus menggelar Penjas Sprint Challenge Series V Tahun 2023.

Kepala Disporapar Provinsi Kalbar, Windy Prihastari yang hadir membuka acara tersebut mengungkapkan, coaching clinic merupakan agenda rutin yang dilakukan pihaknya sebagai geliat awal dalam penciptaan atlet berprestasi usia dini. Hal itu menurutnya sejalan dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) yang mendorong pengembangan liga-liga olahraga di level pendidikan sekolah, dan kuliah.

Baca Juga :  Windy Turun Langsung ke Posyandu Beri Ibu-ibu Edukasi Gizi Upayakan Tekan Stunting

Adapun tiga arahan presiden disebutkan Windy, pertama adalah menyangkut agenda SEA Games dan Asean Games, agar memprioritaskan cabor-cabor yang berpotensi meraih medali. Kedua, presiden menginginkan liga-liga olahraga secara masif digalakkan di level pendidikan, dan sekolah. Lalu yang ketiga, adanya ekosistem sport industry Indonesia yang makin maju, dan established. 

“Berkenaan dengan arahan kedua Presiden Jokowi tersebut, Disporapar Kalbar berkomitmen terus mencetak bibit atlet unggulan sejak dini yang dimulai dari upaya persiapan melalui kegiatan coaching clinic. Kegiatan coaching clinic kali ini berkolaborasi dengan kegiatan penjas sprint challenge Series V Prodi Pendidikan Jasmani, FKIP Untan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Jelang Idul Fitri 1444 H, DWP Kalbar Anjangsana ke Panti Sosial dan Panti Asuhan

Adapun kegiatan tersebut dikatakan Windy diikuti sekitar 700 siswa siswi SMP, dan SMA, serta mahasiswa. Dengan harapan, bisa semakin banyak menjaring potensi-potensi atlet sejak usia dini, dan dapat melahirkan bibit atlet masa depan untuk bergabung di Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Kalbar.

“Semoga peserta, siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA, dan mahasiswa bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. Kenali dan terus kembangkan potensi kecaboran untuk meraih berbagai prestasi yang membanggakan,” tutupnya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment