Umat Konghucu Gelar Peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi 2574 dan 100 Tahun Matakin

KalbarOnline, Pontianak – Umat Konghucu mengadakan acara peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi 2574 dan 100 Tahun Matakin di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Jalan Ahmad Yani, Kota Pontianak, pada Rabu (11/10/2023).

Kegiatan yang secara rutin digelar dalam rangka memperingati sejarah kelahiran Nabi Kongzi 2574 dan 100 tahun berdirinya Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia Matakin (Matakin) ini mengangkat tema “Berbakti Kepada Orang Tua”.

Peringatan tersebut turut dihadiri Pejabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Kalbar, Mohammad Bari, Ketua Matakin Provinsi Kalbar, Js Sutadi, Pembimbing Masyarakat Konghucu dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalbar, Rahmatullah serta tamu undangan lainnya.

Baca Juga :  Masyarakat Tertib, "Musik Malam Minggu di Pendopo" Akan Berlanjut Setiap Awal Bulan

Acara ini diisi dengan persembahan tarian-tarian adat Konghucu, nyanyian tentang berbakti kepada orang tua dan video dokumenter kisah Nabi Kongzi.

Suasana peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi 2574 dan 100 Tahun Matakin di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (11/10/2023). (Foto: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023)
Suasana peringatan Hari Lahir Nabi Kongzi 2574 dan 100 Tahun Matakin di Pendopo Gubernur Kalbar, Rabu (11/10/2023). (Foto: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023)

Ketua Matakin, Sutadi dalam sambutannya mengharapkan agar peringatan ini dapat dijadikan momentum untuk meneladani sosok Nabi Kongzi.

Baca Juga :  Gubernur Sutarmidji Bakal Tindak Tegas Pemberi Antibiotik Tanpa Resep Dokter

“Mari jadikan hari lahir Nabi Kongzi ini sebagai momentum untuk meneladani sosok nabi yang sederhana, rendah hati, menolong untuk kebajikan serta berbakti kepada leluhur,” tuturnya.

“Mari kita bersama belajar dari hidup para Nabi yang telah membawa damai dan kerukunan kepada umat,” seru Sutadi menambahkan.

Penulis: Reza Aurli Firmansyah/Mahasiswa PPL IAIN Pontianak 2023.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment