Romi Wijaya Resmi Jabat Pj Bupati Kayong Utara

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat menggelar pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Romi Wijaya sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Kota Pontianak, Selasa (19/09/2023).

Seremonial pelantikan itu dipimpin oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson. Turut hadir dalam kesempatan itu Bupati dan Wakil Bupati Kayong Utara periode 2018 -2023, Citra Duani dan Effendi Ahmad, unsur Forkopimda Kabupaten Kayong Utara serta kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kayong Utara. 

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalbar berpesan kepada Pj Bupati yang telah dilantik agar melakukan langkah nyata diantaranya dalam hal pengendalian inflasi, menekan angka stunting, penurunan kemiskinan ekstrem, memastikan penyelesaian fasilitasi pelaksanaan pemilihan umum dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 serta memastikan pembinaan netralitas ASN dalam menyambut tahun politik dapat dilakukan secara optimal.

“Setiap penjabat kepala daerah itu agar memperhatikan pengendalian inflasi,  mengendalikan biaya-biaya pokok, kemudian kita juga harus menekan angka stunting dalam rangka mempersiapkan  generasi kita di 2025, nanti usia produktifnya akan lebih banyak, maka kita persiapkan,” jelas Harisson.

“Kita juga diminta untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem dan menekan angka pengangguran terbuka, dan kita (pemerintah di daerah) juga diminta untuk menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat mempersiapkan fasilitasi pemilu dan pemilu kada tahun 2024. Ini yang ditekankan Bapak Presiden untuk setiap penjabat bupati, wali kota atau pun gubernur, ” tambah Harisson.

Baca Juga :  Wako Edi Kamtono Heran Minyak Goreng Melonjak Padahal Kalbar Penghasil Sawit Terbesar

Selain itu, dirinya juga menyampaikan, bahwa Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dapat mengoptimalkan dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024 – 2026.

“Mengoptimalkan dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026 sebagai jembatan seluruh program dan kegiatan pembangunan pasca berakhirnya RPJMD Kabupaten Kayong Utara tahun 2018-2023,” ungkap Harisson.

Momen pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (19/09/2023). (Foto: Istimewa/Prokopim)
Momen pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (19/09/2023). (Foto: Istimewa/Prokopim)

Profil Romi Wijaya

Sebagai informasi, mulai 19 September 2023, masa jabatan Citra Duani sebagai Bupati Kayong Utara dan wakilnya Effendi Ahmad telah berakhir. Kini masa transisi keduanya akan dilanjutkan oleh Romi Wijaya.

Romi Wijaya terpilih menjadi Pj Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor 100.2.1.3-3719 Tahun 2023 tanggal 7 September 2023, tentang pengangkatan Pj Bupati Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat.

Berikut ini Profil Romi Wijaya sebagai Pj Bupati Kayong Utara:

Nama lengkap Romi Wijaya, S.,Sos., M.Si., kelahiran Telok Air tanggal 25 Juli 1974, kini berusia 49 tahun.

Romi Wijaya yang merupakan asli putra  daerah Kabupaten Kayong Utara dengan lulusan Administrasi Negara di Universitas Tanjungpura Pontianak tahun 2005 dan Magister Manajemen Aset dan Penilaian Properti di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2007.

Momen pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (19/09/2023). (Foto: Istimewa/Prokopim)
Momen pelantikan Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Romi Wijaya di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Pontianak, Selasa (19/09/2023). (Foto: Istimewa/Prokopim)

Mengawali karirnya sebagai PNS, Romi Wijaya bertugas di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar bidang Analis Kepegawaian Pelaksana tahun 2023 dan Analis Kepegawaian Pertama tahun 2005.

Baca Juga :  Gencarkan Sosialisasi PMBA, AIMI Kalbar Gandeng Kader Posyandu Sejumlah Kecamatan

Kemudian, Romi Wijaya mengabdi di Kabupaten Kayong Utara sebagai Kepala Sub Bagian Pengadaan dan Mutasi Pegawai Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2009, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten tahun 2010, Kepala Badan Kepegawaian Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2012.

Pada tahun 2013, Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Pendidikan tahun 2015 hingga 2019, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2019 dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan 2020.

Selain itu, ia juga pernah menjabat selaku Kepala Badan Keuangan Daerah tahun 2021 dan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2022. Kemudian, Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara dan terpilih sebagai Pj Bupati Kayong Utara tahun 2023.

Sementara itu, terdapat 3 penghargaan yang berhasil diraih oleh Romi Wijaya dalam riwayat jabatannya, yaitu Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dan 20 tahun yang diterima pada tahun 2006 dan 2014 dari Presiden RI serta penghargaan Lencana Korpri Emas dari Bupati Kayong Utara pada tahun 2018. (Santo)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment