Dalam Semalam, Polsek Simpang Hulu Ketapang Ungkap Dua Kasus Kejahatan Pencurian dan Narkoba

KalbarOnline, Ketapang – Kerja keras Kepolisian Sektor (Polsek) Simpang Hulu jajaran Polres Ketapang Polda Kalbar dalam memberantas segala bentuk kejahatan di wilayahnya membuahkan hasil. Pasalnya, dalam satu malam saja, pihak kepolisian setempat berhasil mengungkap dua kasus tindak pidana sekaligus.

Di mana selain berhasil mengungkap kasus pencurian walet, anggota Polsek yang berada di perbatasan Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Sanggau tersebut juga berhasil mengungkap kasus peredaran narkotika jenis sabu.

Satu terduga pelaku pencurian dan satu terduga pelaku peredaran sabu berikut barang bukti hasil kejahatan tersebut berhasil diamankan anggota Polsek Simpang Hulu dalam kegiatan penangkapan yang dipimpin langsung Kapolsek Simpang Hulu, IPTU Dewa Made Surita, pada hari Minggu (10/09/2023), sekira pukul 19.00 WIB.

Kapolres Ketapang AKBP Tommy Ferdian melalui Kapolsek Simpang Hulu, IPTU Dewa Made Surita menyebutkan, bahwa pengungkapan kasus pencurian walet berawal dari adanya laporan warga di Desa Kuala Labai, Kecamatan Simpang Hulu, yang mengaku rumah waletnya dibobol orang pada hari Jumat 8 September 2023 lalu.

“Setelah menerima laporan tersebut, kita langsung bergerak melakukan penyelidikan di lapangan dan mendapatkan informasi bahwa terduga pelaku laki-laki berinisial RO (33 tahun) sedang mencoba menjual hasil kejahatannya berupa sarang walet ke beberapa pengepul sarang walet Di Kecamatan Simpang Hulu,” ujar Dewa Made Surita, Senin (11/09/2023) pukul 10.00 WIB.

Baca Juga :  Ternyata Residivis, Perampok Rumah di Ketapang Dapat Hadiah Timah Panas dari Polisi

Selanjutnya, dari informasi tersebut, pada hari Minggu (10/09/2023) sekira Pukul 18.30 WIB, dirinya bersama anggota polsek langsung bergerak untuk mengamankan pelaku di rumahnya. Selain pelaku, petugas juga mengamankan beberapa barang bukti dari tangan pelaku seperti sarang burung walet dengan berat 0.056 Kg, obeng, tang, slot kunci serta beberapa peralatan sound system suara rumah walet. Pelaku pun tak berkutik saat diamankan dan mengakui segala perbuatannya.

Saat akan membawa pelaku dan barang bukti ke Mapolsek Simpang Hulu, Kapolsek menerima informasi dari warga, bahwa ada oknum warga lain yang sedang menguasai dan menggunakan narkotika jenis sabu di rumahnya di Desa Labai Hilir Kecamatan Simpang Hulu.

Informasi inipun langsung dikembangkan oleh kapolsek dan jajarannya melalui pengintaian di rumah pelaku.

“Disaksikan perangkat lingkungan setempat dan beberapa warga, Kita lakukan penegakan hukum melalui diamankannya seorang pelaku, laki laki  berinisial BP (69 tahun) di rumahnya,” kataya.

Baca Juga :  Polisi Periksa 6 Saksi Kasus Penganiayaan Anak Anggota DPRD Ketapang

“Selain BP, juga ada 3 orang yang turut kita amankan di lokasi kejadian dan sejumlah barang bukti seperti 30 paket klip plastik kecil yang berisi serbuk kristal putih yang kita duga sabu, dua buah timbangan digital, satu buah alat hisap sabu, dua buah handphone serta uang tunai sejumlah Rp 1.250.000,” sambung kapolsek.

Kini seluruh pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolsek Simpang Hulu. Menurut kapolsek, untuk pelaku pencurian walet dapat dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Pemberatan, sedangkan untuk pelaku pengedar sabu dapat dijerat dengan Pasal 114 ayat (2) dan atau  Pasal 112 ayat (2) UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Penyalahgunaan Narkotika.

“Tentunya, pengungkapan ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dalam memberikan informasi kepada pihak kepolisian, sehingga kami berharap kedepannya, komunikasi warga Kecamatan Simpang Hulu bersama Polsek Simpang Hulu semakin terbangun dan semakin Intensif dalam rangka mencegah segala bentuk potensi gangguan kamtibmas,” tandas kapolsek. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment