Api Karhutla Jilat Dapur Rumah Warga di Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Sebuah Rumah di Parit Tanggok, Desa Sungai Raya Dalam, Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya hangus terbakar bagian dapurnya. Kejadian tersebut berlangsung pada Minggu (03/99/2023) pukul 12.00 WIB.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade membenarkan, bahwa rumah tersebut milik Shalsa Anggita. Pada saat dapurnya terbakar, pemilik rumah tidak berada di tempat.

Diduga, api tersebut bersumber dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang berada di sebelah rumahnya dan merembet hingga bagian dapur Shalsa yang berkonstruksi dari kayu.

Warga, kata Ade sempat berupaya memadamkan api hingga petugas datang dan berhasil memadamkan api tersebut.

Baca Juga :  Nyak Kopsah Ngamuk Gegara Warung Makannya Direview Food Vlogger Jelek

“Petugas yang berada di lokasi berjibaku melakukan pemadaman di sisi dapur rumah korban, namun kendalanya saat itu sumber air di lokasi tidak ada dan ditambah tiupan angin yang sangat kuat sehingga membakar dapur rumah korban yang bermaterial kayu/papan,” terang Ade Senin (04/09/2023).

Pihaknya sempat mengupayakan satu unit mobil pemadam dari Bhakti Raya yang membawa air, namun mobil tersebut amblas karena kondisi jalan yang tak mampu menahan bobot mobil tersebut.

“Kemudian kami bersama stakeholder terkait dan warga setempat mengangkut air tersebut menggunakan ember untuk mengupayakan pemadamkan api,” ujar Ade.

Ade menyebut, setelah selang tambahan datang, pemadaman dapat dilakukan dengan baik sehingga bagian rumah dapat diselamatkan. Setelah itu, petugas melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi lahan yang terbakar di Parit Tanggok.

Baca Juga :  PDI Perjuangan Kubu Raya Bantu Masker Untuk Tenaga Medis di Sejumlah Puskesmas

Ade menambahkan, kalau rumah milik Shalsa Angghita ini sudah tidak dihuninya selama kurang lebih 5 bulan, dan korban memutuskan untuk tidak membuat laporan kepada pihak kepolisian.

“Dalam kejadian ini tidak ada korban jiwa, untuk kerugian materil belum dapat diperincikan, walaupun dari korban tidak mau membuat laporan kepada pihak kepolisian, Tim Pemburu Api Polres Kubu Raya tetap melakukan penyelidikan terhadap pelaku yang membakar lahan tersebut,” tegas Ade. (Jau)

Sumber: Humas Polres Kubu Raya/Aipda Ade.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment