Aksi Nyata Pandawa Ganjar Tangani Karhutla di Kalimantan

KalbarOnline, Pontianak – Sukarelawan Pandawa Ganjar merespons cepat situasi musim kemarau yang berdampak pada maraknya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Kalimantan.

Mereka pun langsung turun untuk memberikan pembekalan dan pemahaman kepada para pemuda dan milenial yang ada di Kota Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat, tentang cara menangkal karhutla.

“Kami kumpulkan 107 pemuda dan diberikan pemahaman soal pencegahan karhutla dan cara untuk mengatasinya,” ujar Koordinator Pandawa Kalbar, Nur Ghina Muslimah, Selasa (04/09/2023).

Adapun penyampaian materi itu dikemas santai di Cafe Fendy Jalan M Yamin, Kecamatan Pontianak Kota, Kota Pontianak. Dengan begitu, diharapkan dapat menarik minat dan simpati para pemuda tentang kepedulian lingkungan.

Baca Juga :  Peringatan Haornas, Edi Kamtono Ajak Galakkan Olahraga Aman dari Covid-19

“Harapan dengan adanya agenda ini mampu memberikan pemahaman kepada pemuda dan mahasiswa untuk pentingnya menjaga kelestarian hutan akibat pembakaran,” kata dia.

Selain itu, para peserta juga diajarkan cara menanggulangi dan mengetahui dampak dari bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Semua diajarkan, mulai dari pra, pencegahan hingga pasca kebakaran hutan dan lahan,” ujar dia.

Ghina menyebut, bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan dari Ganjar Pranowo untuk peduli dan cinta terhadap alam serta hutan.

Baca Juga :  Sinergi PLN dan Nindya Karya, Gunakan FABA PLTU Bangun Jembatan Sambas

“Serta menjaga kelestariannya dengan cara tidak membakar secara asal asalan,” kata Ghina.

Aiman, salah satu pemuda yang ikut dalam kegiatan itu mengapresiasi upaya yang dilakukan Pandawa Ganjar Kalimantan.

“Ini memang yang diperlukan oleh anak muda zaman sekarang. Sebuah pancingan untuk peduli. Apalagi selama kemarau memang kawasan Kalimantan menjadi langganan karhutla,” ujar dia. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment