Diperkirakan Lima Hektare Lahan Gambut Terbakar di Kubu Raya, Polisi dan Stakeholder Masih Lakukan Pendinginan

KalbarOnline, Kubu Raya – Diperkirakan lima hektare lahan gambut terbakar di Gang Sayur, Desa Wonodadi II, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalbar, pada kebakaran hebat yang terjadi pada Minggu (13/08/2023).

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melalui Kasubsi Penmas Polres Kubu Raya, Aiptu Ade mengungkapkan, upaya penanggulangan dan pemadaman terhadap kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah hukumnya sudah berlangsung selama 3 hari.

Selain kurangnya sumber air, tiupan angin yang cukup kencang menjadi kendala petugas dalam melokalisir api, ditambah lagi api yang sudah masuk ke dalam lahan gambut sehingga menyimpan bara api.

“Saat ini petugas kepolisian dan stakeholder terkait fokus pada pemadaman dan pendinginan api di dalam gambut. Perkiraan dalamnya gambut lima sampai tujuh meter. Jadi, memang butuh waktu dan tenaga ekstra untuk memadamkan api,” ungkap Ade, Senin (14/08/2023).

Baca Juga :  Pangdam, Kapolda, dan Gubernur Jabar, Mulai Jalani Uji Klinis Vaksin

“Kebakarannya cukup luas. Kalau perkiraan saat ini sekitar lima hektar, dan kami berupaya kebakaran ini tidak meluas lagi,” sebut Ade.

Ade mengakui, pemadaman cukup sulit dan memakan waktu, mulai dari jarak tempuh yang sulit dimasuki, asap yang pekat, minimnya ketersediaan sumber air dan sebagainya.

Upaya pemadaman ini, lanjut Ade, dilakukan oleh Polres Kubu Raya, BKO Dit Sabhara Polda, Brimob, BPBD Kubu Raya, Pemadam Kebakaran Wonodadi dan stakeholder terkait, dengan menggunakan sembilan mesin pompa air.

Mengantisipasi kurangnya pasokan air di lokasi, petugas membuat wadah air/galon menggunakan air dari kanal untuk memadamkan api selangkah demi selangkah.

“Air dari kanal dipindahkan ke wadah penampungan, di mana wadah ini dapat dipindah-pindah sesuai lokasi titik api, jadi itu salah satu cara yang digagas Bapak Kapolres Kubu Raya untuk menjangkau titik api atau sumber api dengan jarak 300 meter hingga 500 meter,” terang Ade.

Baca Juga :  Pompa Semangat Personel, Dirut PLN Spontan Datangi Pos Siaga Kelistrikan di Lokasi-lokasi Penting KTT ASEAN

Untuk mencegah kebakaran terus meluas dan membuka sumber air, satu unit eskavator turut dikerahkan. Dengan adanya alat berat itu, petugas bisa fokus melakukan pemadaman api dan pendinginan di dalam gambut.

“Hal ini juga untuk mencegah asap kebakaran jangan sampai menyebar ke pemukiman warga. Saat ini udara di Kubu Raya dan Pontianak berwarna merah, kualitas udara sangat tidak sehat, data ini diambil dari ISPUNet,” ujarnya.

“Seluruh upaya yang dilakukan ini merupakan bagian dari langkah pencegahan, penanganan dan pengendalian terhadap kebakaran Karhutla,” tegas Ade menambahkan. (Jau)

Sumber: Humas Polres Kubu Raya/Aipda Ade.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment