Perkuat Sinergi Penyampaian Informasi ke Masyarakat, Diskominfo Kalbar Gelar Media Gathering bersama Awak Media

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat mengadakan media gathering untuk mempererat dan memperkuat sinergi antara diskominfo provinsi, diskominfo kabupaten/kota serta awak media se-Kalbar dalam penyampaian informasi ke masyarakat.

Dengan mengusung tema “Refresh Your Idea”, kegiatan dibuka langsung oleh Staf Ahli Bidang Pembangunan dan Ekonomi, Christianus Lumano, di Qubu Resort, Selasa (25/07/2023).

Media gathering ini diisi dengan seminar ringan bersama para pemateri. Diantaranya yakni Psikolog Patricia Elfira Vinny, yang membahas tentang kiat menghadapi pasar milenial. Selanjutnya pemateri kedua yaitu Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Untan Pontianak, Suci Lukitowati yang membahas tentang framing dalam pemberitaan pemerintah.

Baca Juga :  Inovasi Rumus Bumil Cerdas Antisipasi Ibu Bersalin Risiko Tinggi Akibat Bakteri Mulut

Dosen yang lebih sering disapa Luki ini menilai pentingnya media dalam suatu pemerintahan, di mana media dapat membantu pemerintah dalam menyebarkan informasi yang penting dan berguna bagi masyarakat.

“Kemudian pengawas pemerintah dalam menjalankan perannya, kontrol sosial terhadap jalannya pemerintahan,” kata Luki.

Baca Juga :  PDIP Kalbar Optimis Bisa Menang Hattrick di Pemilu 2024

Framing berita pemerintah yang mengedepankan kepentingan publik diperlukan untuk membuat ekosistem bermedia yang cerdas dan membentuk selera media yang baik.

“Pemberitaan mengenai pemerintah juga harus mengedepankan kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Seperti misalnya bagaimana perhatian pemerintah terhadap maraknya kejahatan digital, lalu apakah informasi mengenai tips menghindari kejahatan digital sudah massif diberikan.

Usai seminar, kegiatan dilanjutkan dengan bermain games antara awak media dan pihak diskominfo. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment