Produk Khas Pontianak Pikat Turis Asing di Indonesia City Expo 2023

KalbarOnline, Pontianak – Berbagai produk unggulan khas Kota Pontianak mampu memikat para pengunjung stand Indonesia City Expo (ICE) 2023 di Center Poin of Indonesia, Makassar, Rabu (12/07/2023).

Kota Pontianak merupakan satu di antara kota-kota lainnya yang ikut serta pada ajang pameran yang digelar dalam rangka pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) XVI di Makassar mulai tanggal 12 hingga 14 Juli 2023.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, Kota Pontianak rutin mengikuti ICE dengan menampilkan ciri khas produk-produk unggulan seperti produk lidah buaya atau aloevera, kain tenun corak insang khas Pontianak maupun produk makanan ringan dengan kemasan yang menarik.

“Produk lidah buaya dan makanan khas yang ditampilkan sudah menjadi branding Kota Pontianak. Bahkan turis asing berkunjung ke stand kita dan tertarik dengan produk lidah buaya,” ujarnya usai meninjau stand Kota Pontianak.

Baca Juga :  Harisson dan Windy Ikut Berjepin bersama 12 Ribu Penari di Puncak Peringatan Harjad Pontianak 252

Ia sangat mendukung digelarnya ICE ini sebagai ajang bagi kota-kota di Indonesia dalam membranding daerahnya masing-masing. Selain menampilkan potensi yang dimiliki masing-masing kota, juga menampilkan produk-produk unggulan terutama produk UMKM.

“Selain itu melalui pameran Apeksi ini diharapkan kita bisa saling bertukar informasi dan pengalaman sehingga bisa meningkatkan kualitas produk UMKM maupun memperluas pemasarannya,” harapnya.

ICE juga menawarkan pengalaman yang kaya bagi pengunjung dengan menyajikan beragam booth atau stand yang mewakili berbagai kota. Setiap booth menampilkan produk lokal, kerajinan tangan, makanan dan minuman khas, serta informasi mengenai atraksi wisata dan kegiatan budaya yang dapat ditemukan di kota-kota tersebut.

“Hal ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk menjelajahi keindahan dan keunikan setiap kota di Indonesia, termasuk Pontianak sehingga menarik mereka untuk datang berkunjung ke kota kita,” tutur Edi.

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie menambahkan, keikutsertaan pelaku UMKM di bawah binaan Dekranasda ini sebagai salah satu upaya mempromosikan produk-produk unggulan yang dimiliki Kota Pontianak.

Baca Juga :  Emosional, Ria Norsan: Jangan Lihat Saya Sekarang Wakil Gubernur, Butuh Perjuangan Keras Untuk Sampai ke Titik Ini

“Produk yang dipamerkan beraneka jenis mulai dari aksesoris hingga produk makanan dan minuman seperti produk turunan dari aloevera, kain corak insang, kerajinan dari akar keladi air dan sebagainya,” terangnya.

Dia menambahkan, jika dilihat dari antusias pengunjung ke stand Pemerintah Kota Pontianak, memang lebih banyak yang tertarik pada produk olahan tanaman lidah buaya seperti cokelat, minuman, teh lidah buaya, nastar, kerupuk lidah buaya hingga keripik jamur tiram aloe vera.

“Produk olahan lidah buaya ini memang sudah dikenal sebagai salah satu ciri khas Kota Pontianak sehingga ketika berkunjung pasti yang ditanyakan pertama kali adalah air lidah buaya baru yang lainnya,” pungkasnya. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment