Desa Kalinilam Ketapang Juara 2 Desa dengan Peringkat IDM Tertinggi se-Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Mewakili Bupati Ketapang, Martin Rantan, Sekda Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo menghadiri undangan Gubernur Kalbar perihal penandatanganan berita acara Indeks Desa Membangun (IDM) di Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (07/07/2023), di Aula Garuda, Kantor Gubernur Kalbar.

Pada kesempatan itu, Desa Kalinilam, Kecamatan Delta Pawan, Kabupaten Ketapang ditetapkan sebagai desa dengan IDM peringkat tertinggi ke-2 di Provinsi Kalimantan Barat.

Atas torehan prestasi tersebut, atas nama pemerintah daerah, Alexander mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang turut membantu, sehingga Desa Kalinilam berhasil meraih prestasi yang membanggakan tersebut.

Sekda juga menyampaikan, bahwa dirinya juga dianugerahi penghargaan oleh Gubernur Kalbar atas capaian prestasi tersebut.

Baca Juga :  DPRD Kalbar Gelar Paripurna Istimewa Pengumuman Pengusulan dan Pengangkatan Midji-Norsan

“Pada kesempatan ini, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mendapatkan penghargaan dari Gubernur Kalbar atas prestasi Desa Kalinilam Kecamatan Delta Pawan Kabupaten Ketapang yang berhasil meraih peringkat tertinggi ke-2 Nilai Indeks Desa Membangun (IDM) di provinsi Kalimantan Barat,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar, Sutarmidji dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pihaknya telah menargetkan di tahun 2023 ini, menjadikan 425 desa sebagai desa dengan status desa mandiri. Untuk itu, gubernur mengajak semua pihak untuk bahu membahu membantu agar target tersebut dapat terwujud.

“Untuk mencapai jumlah peningkatan target desa mandiri di tahun 2023 adalah 425 desa sudah harus menjadi desa mandiri. Dengan itu saya minta kerjasamanya untuk semua perangkat daerah, bupati dan kepala desa, kita bersama-sama melakukan pencapaian target dengan cara menyelesaikan 35 indikator Indeks Desa Membangun,” tuturnya.

Baca Juga :  Ikut Program Vaksinasi Covid Perdana di Ketapang, Kapolres: Seperti Digigit Semut

Diketahui, pada pemutakhiran data IDM terbaru tahun 2023 oleh Dinas PMD Kabupaten Ketapang, dari 253 desa se yang ada, terdapat 94 desa berstatus mandiri, 82 desa berstatus maju, 77 desa berstatus berkembang, 0 desa berstatus tertinggal dan 0 desa berstatus sangat tertinggal. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment