Gubernur Kalbar Terima Audiensi Rombongan Jurnalis Malaysia

KalbarOnline, Pontianak – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar), Sutarmidji menerima audiensi dari delegasi Federation of Serawak Journalist Association (FSJA) Malaysia beserta jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar di Ruang Praja I, Kantor Gubernur Kalbar, Kamis (06/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur bersama Konsul Malaysia di Pontianak, Azizul Zekri turut menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PWI Kalbar dengan FSJA.

Gubernur Sutarmidji menyatakan, dirinya sangat menyambut baik kerjasama di bidang jurnalistik antara dua negara serumpun itu. Yakni antara wartawan Kalbar dengan wartawan yang ada di Sarawak.

“Ini merupakan bukti nyata persahabatan antar negara, khususnya antara dua wilayah serumpun yang berada dalam satu pulau pada aspek jurnalistik. Sehingga kita dapat saling berbagi dan melengkapi, memberikan materi agar semuanya bisa bermanfaat bagi para pembaca,” ungkapnya.

Baca Juga :  Lagi, Pontianak Raih TPID Terbaik Nasional

Tak hanya itu, dirinya juga menyampaikan bahwa objek-objek wisata di Kalbar memiliki potensi yang sangat besar. Termasuk juga hal-hal lain, seperti bidang kesehatan, pendidikan dan lain sebagainya. Karena itu, ia berharap potensi tersebut bisa jadi pilihan pemberitaan.

“Saya sudah berupaya untuk mewujudkan kembali penerbangan dari Kuching ke Pontianak. Seharusnya penerbangan Kuching ke Pontianak itu dihidupkan kembali karena pangsanya besar, sehingga para investor dari Malaysia mau ke sini,” kata Sutarmidji.

“Ini pentingnya kerjasama media antar wilayah, sehingga kita bisa saling tukar menukar informasi, dan memasarkan potensi masing-masing yang dimiliki,” tambahnya.

Sejauh ini, Sutarmidji menilai, bahwa informasi tentang potensi-potensi daerah itu masih sangat minim diberitakan. Bukan hanya di kalangan lokal, tapi juga nasional, hingga internasional.

“Melalui kerja sama wartawan PWI Kalbar dengan Persatuan Wartawan Serawak ini, kita sama-sama berharap kedepannya akan bermanfaat bagi pengembangan, dan pembangunan masing-masing wilayah,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kendati Berhasil Turunkan Karhutla, Gubernur Kalbar Tetap Minta Semua Pihak Siaga dan Waspada

Adapun perwakilan PWI yang hadir dalam kesempatan itu dipimpin langsung oleh Ketua PWI Kalbar, Gusti Yusri, sementara rombongan dari FSJA dipimpin oleh Vice President II FSJA, Jacqueline R David.

“Jadi kami (PWI) dan FSJA sepakat bekerjasama dalam berbagai hal,” ungkap Gusti Yusri.

Kerja sama yang dimaksud terdiri dari tiga hal, pertama meningkatkan hubungan kerja sama kedua belah pihak melalui pertemuan tahunan guna membahas isu-isu aktual di bidang jurnalistik, teknologi informasi, sosial, ekonomi, olahraga, kesenian, pariwisata, pendidikan dan kebudayaan.

“Kedua, tukar menukar informasi dalam membangun citra positif kedua belah pihak. Dan yang ketiga membina persahabatan melalui kegiatan-kegiatan jurnalistik,” katanya. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment