WHW Gelar Aksi Bersih Sampah bersama Masyarakat di Pantai Kecamatan Kendawangan

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, karyawan PT Well Harvest Winning Alumina Refinery (WHW) melakukan aksi bersih-bersih sampah pantai atau coastal cleanup dengan mengajak masyarakat sekitar perusahaan untuk berpartisipasi terhadap kebersihan lingkungan.

Kegiatan bersih sampah pantai yang diikuti oleh masyarakat itu dilakukan di pantai sepanjang 1.200 meter yang berada di Dusun Sei Tengar, Desa Mekar Utama, Kecamatan Kendawangan, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, pada Sabtu (10/06/2023).

Berbagai jenis sampah yang terdiri dari sampah plastik dan anorganik lainnya berhasil terkumpul mencapai lebih dari 1.800 kilogram. Kegiatan kolaboratif antara karyawan dan warga tersebut merupakan inisiasi dari Departemen Lingkungan dan Divisi Pemberdayaan Masyarakat Corporate Social Responsibility (CSR) WHW sebagai salah satu agenda rangkaian Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tanggal 5 Juni.

Baca Juga :  Cerita Ibu Si Kembar Pengumpul Sampah di Pontianak, Dianugerahi Penghargaan Hingga Dapat Sepeda dari Wali Kota
Aksi bersih sampah PT WHW bersama masyarakat di Pantai Kecamatan Kendawangan. (Foto: Adi LC)
Aksi bersih sampah PT WHW bersama masyarakat di Pantai Kecamatan Kendawangan. (Foto: Adi LC)

Acara tersebut turut dirangkai dengan sejumlah kampanye lingkungan, diantaranya berupa pemasangan twibbon dengan tema “Kendalikan Sampah Plastik” di media sosial karyawan, kampanye lingkungan “Big Cleaning Day” oleh perwakilan dari karyawan seluruh divisi WHW, cerdas cermat tentang pengetahuan lingkungan hidup, sosialisasi tidak membawa kantong plastik pada area WHW, hingga lomba foto aksi peduli menjaga lingkungan asri.

Direktur WHW, Boni Subekti mengatakan, serangkaian agenda tersebut merupakan upaya keberlanjutan WHW dalam meningkatkan kepedulian karyawan untuk turut serta menjaga kelestarian lingkungan.

Kegiatan ini juga salah satu bentuk kepatuhan anjuran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Direktorat Pengendalian dan Kerusakan Pesisir dan Laut untuk ikut serta dalam aksi bersih sampah pantai skala nasional.

Baca Juga :  Diduga Terima Suap, Bupati Bengkayang Terjaring OTT KPK
Aksi bersih sampah PT WHW bersama masyarakat di Pantai Kecamatan Kendawangan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023. (Foto: Adi LC)
Aksi bersih sampah PT WHW bersama masyarakat di Pantai Kecamatan Kendawangan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023. (Foto: Adi LC)

“Kami mengajak warga sekitar ikut peran serta membersihkan pantai. Upaya ini kami lakukan guna memberikan edukasi ke masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan untuk tetap asri dan bersih,” ujar Boni Subekti.

Sementara itu, Kepala Dusun Sungai Tengar, Aguslan Siregar mengatakan kalau masyarakat turut mendukung kebersihan pantai di Pantai Sungai Tengar, di mana masyarakat juga ikut memeriahkan acara tersebut sehingga acaranya mulai dari awal hingga akhir terlaksana dengan baik.

“Harapannya ke depan, mudah-mudahan ada lagi kegiatan yang sifatnya mengedukasi masyarakat baik di bidang lingkungan maupun di bidang yg lainnya,” tutur Aguslan Siregar. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment