Gerakan Pangan Murah di Aloe Vera Center Diburu Warga Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DPPP) Kota Pontianak menggelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Kecamatan Pontianak Utara tepatnya di Aloe Vera Center di Jalan Budi Utomo.

Agenda ini terlaksana serempak secara nasional. Masyarakat Pontianak Utara pun kemudian berbondong-bondong mendatangi lokasi tersebut untuk membeli bahan pokok pangan. 

Kepala DPPP Kota Pontianak, Bintoro menjelaskan, beberapa komoditas yang dijual pada GPM ini diantaranya beras medium, beras premium, gula pasir, minyak goreng, daging kerbau dan ayam beku. Selanjutnya adalah aneka tepung, susu kental manis, sirup, hingga aneka sayuran.

“Agenda GPM ini difasilitasi Badan Pangan Nasional (Bapanas), Bulog maupun pihak swasta sampai kelompok nelayan dan petani yang ada di Kota Pontianak,” ungkapnya, Senin (26/06/2023).

Baca Juga :  40 Tahun Gapki Mengabdi, Gapki Kalbar Komitmen Ikut Dorong Kemajuan Ekonomi Daerah

Bintoro mengatakan, sebanyak 333 titik wilayah turut menggelar GPM yang terdiri dari 37 provinsi dan 296 kabupaten/kota. Acara ini bertujuan untuk memastikan ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga pangan jelang Hari Besar Keagamaan dan Nasional (HBKN) Idul Adha, baik di tingkat produsen maupun konsumen.

“Kegiatannya juga dilaksanakan secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting dan dibuka oleh Kepala Bapanas di Jakarta. Semoga dapat memberikan manfaat,” ucapnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyampaikan, komitmen Pemkot Pontianak untuk menjaga stabilitas harga dan distribusi tiap komoditas pangan. Pada momen hari raya khususnya, pihaknya senantiasa memantau langsung harga-harga di pasar maupun agen-agen.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Kreatifitas Kuliner Pontianak Luar Biasa

Upaya pencegahan melonjaknya harga juga tak luput dari perhatian pihaknya. Ia menerangkan, penanganan pencegahan seringkali terkendala karena faktor alam.

“Produksi dan distribusi pun terganggu. Saya mengimbau dinas terkait untuk memantau kondisi harga maupun kebutuhan langsung masyarakat,” sebutnya.

Acara GPM secara serempak memang dipusatkan di Kecamatan Pontianak Utara. Namun Edi menginginkan kedepannya nanti, pasar murah serupa juga dilaksanakan di seluruh wilayah Kota Pontianak.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat kita melaksanakan pasar murah lagi di seluruh kecamatan. Semoga dapat membantu masyarakat,” tukas Edi. (Indri)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment