Wakili Bupati, Staf Ahli Maryadi Buka Bimtek Tahap Pertama Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ketapang

KalbarOnline, Ketapang – Mewakili Bupati Ketapang, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan, Maryadi Asmu’ie membuka kegiatan bimbingan teknis (bimtek) tahap pertama Penyusunan Masterplan Smart City Kabupaten Ketapang, di Lantai III Kantor Bupati Ketapang, Senin (19/06/2023).

Dalam sambutan tertulis bupati, Maryadi mengatakan, bahwa konsep kota cerdas (smart city) salah satu upaya transformasi digital yang dilakukan pemerintah dan stakeholder, sebuah strategi yang komprehensif inklusif, efektif dan efisien.

“Konsep pembangunan smart city sendiri adalah merupakan pembangunan yang berkelanjutan dan memiliki daya saing serta selalu meluncurkan inovasi, agar masyarakat lebih mandiri, nyaman, mudah, sehat dan makmur,” ujarnya.

Agar pelaksanaan program smart city di Kabupaten Ketapang bisa sesuai dengan yang diharapkan, Maryadi menekankan perlunya peningkatan keterampilan dan profesionalisme pegawai atau tim pelaksana yang ditugasi menangani smart city.

Baca Juga :  Terima Mandat Relawan, Pasangan Yasir Anshari-Budi Mateus Siap Maju Jalur Perseorangan

“Proses ini dimulai dengan menyusun sebuah masterplan (rencana induk) smart city Kabupaten Ketapang dengan harapan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat agar menjadi lebih baik,” ucapnya.

Selain itu dijelaskan Maryadi, bahwa Kabupaten Ketapang tercatat 3 kali mengikuti assessment penilaian smart city dan 2 kali gagal, namun lantaran terus berbenah dan pada akhirnya tahun 2022, Kabupaten Ketapang mampu lolos sebagai salah satu antara 50 Kabupaten kota yang masuk dalam Gerakan 100 Smart City Indonesia.

“Saya berharap melalui bimtek ini dapat dijadikan sebagai momentum yang bermanfaat untuk meningkatkan komitmen serta semangat dalam perwujudan smart city di Kabupaten Ketapang,” harapnya.

Baca Juga :  Jadi Inspektur Upacara Hari Bela Negara, Wabup Ketapang Sampaikan Pidato Presiden Jokowi

“Ikutilah diskusi ini dengan baik dan berikan data dan informasi yang dibutuhkan kepada tim penyusun masterplan smart city agar dapat menghasilkan dokumen yang komprehensif dan selaras dengan kebutuhan smart city Kabupaten Ketapang,” pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, kepala OPD, Camat Delta Pawan, Camat Muara Pawan, Camat Benua kayong, para lurah dan kades, serta pimpinan Politeknik Negeri Ketapang, peserta kelompok masyarakat, komunitas IT Kabupaten Ketapang dan lainnya. (Adi LC)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment