Dua PIK Remaja Kota Pontianak Raih Penghargaan Tingkat Provinsi

KalbarOnline, Pontianak – Dua Kelompok Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Kota Pontianak berhasil meraih penghargaan bergengsi tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), yakni lomba ajang jingle dance akukamu yang diselenggarakan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalbar.

Masing-masing PIK-R Kota Pontianak tersebut yaitu PIK-R Ceria Sahabat yang berhasil meraih juara pertama dan PIK-R Rumah Kita mendapatkan juara kedua.

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Penyerahan penghargaan tersebut dilangsungkan dalam rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke XXX Provinsi Kalbar pada Rabu (07/06/2023).

Kepala BKKBN Provinsi Kalbar, Pintauli Romangasi Siregar menyebut, lomba jingle dance tersebut dilakukan secara alamiah tanpa harus mendatangkan ahli musik dan koreografer. Namun karya-karya yang dibuat harus benar-benar keluar dari para remaja. Dengan mengelola talenta yang ada pada diri masing-masing kader.

Baca Juga :  Duta GenRe Tingkat Desa Bakal Bantu Turunkan Stunting di Kalbar

“Mereka menciptakan jingle dance yang alamiah, dengan ciptaan mereka sendiri kita harap mereka bisa mengingat,” kata Pintauli.

Dirinya menambahkan, dalam jingle lomba dance tersebut tertuang pesan-pesan untuk mensosialisasikan berbagai program terutama generasi berencana (genre). Dengan lomba tersebut diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat turut berupaya dalam menekan angka stunting.

“Lewat lomba ini kita harapkan para remaja akan mengingat segala pesan yang termuat dalam jingle dance tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Penata KKB Ahli Muda BKKBN Provinsi Kalbar, Ainul Fithri menjelaskan lomba jingle dance tersebut berisi lagu dan tarian khas dari masing-masing daerah dengan memuat isu-isu remaja. Diantaranya membahas tentang kehamilan yang tidak diinginkan.

Baca Juga :  Peduli Stok Darah di Pontianak, Hotel Aston dan Transera Gelar Donor Darah

“Lomba ini juga sebagai sarana edukasi untuk remaja-remaja agar dapat mencegah hal hal yang tidak diinginkan,” ucap Ainul Fithri.

Dirinya mengatakan penghargaan tersebut sebagai bentuk apresiasi bagi remaja-remaja di seluruh kabupaten kota di Provinsi Kalbar. Piagam penghargaan tersebut langsung ditandatangani Gubernur Provinsi Kalbar, Sutarmidji disertai dengan dana pembinaan yang diberikan BKKBN kepada PIK R.

“Penghargaan ini juga sebagai bentuk komitmen kita untuk mengedukasi para remaja di Provinsi Kalbar,” tutupnya. (Indri)

Comment