Lantik 28 Anggota BPD, Bupati Citra: Tegaskan Sinergi Dalam Membangun Desa

KalbarOnline, Kayong Utara – Bupati Kayong Utara, Citra Duani menghadiri sekaligus melantik 28 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2023 – 2028, di Aula Istana Rakyat, Sukadana, Senin (22/05/2023).

Adapun BPD yang dilantik diantaranya berasal dari Desa Batu Barat Kecamatan Simpang Hilir, BPD Desa Tanjung Satai Kecamatan Pulau Maya, BPD Desa Pelapis dan Padang Kecamatan Kepulauan Karimata.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpesnas) Kabupaten Kayong Utara periode 2023 – 2028.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kayong Utara, Sarnawi, Sekretaris Daerah Kayong Utara, Hilaria Yusnani, Kepala OPD terkait, Ketua TP PKK Kayong Utara serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Bupati Citra menyampaikan, BPD berfungsi membahas dan menyepakati rancangan peraturan desa bersama kepala desa, dan menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa serta melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Baca Juga :  Satu Desa di Kayong Utara Seluruh Pantarlihnya Perempuan

“Dengan dilaksanakannya kegiatan ini memberikan legalitas formal bagi anggota BPD untuk melaksanakan fungsi, tugas, hak, kewajiban dan kewenangannya,” kata Bupati Citra.

“Penting BPD, itu sebagai penyeimbang dengan pemerintah desa dan masyarakat, begitupun dengan asosiasi yang telah terbentuk sebagai mitra kerja dalam membangun desa,” tambah Bupati Citra.

Selain itu, Bupati Citra berpesan kepada BPD yang dilantik bisa mengutamakan musyawarah mufakat dalam melakukan penyelesaian masalah di desa.

“Apabila terjadi  permasalahan dalam penyelenggaraan pemerintahan desa hendaknya bisa diselesaikan dengan musyawarah mufakat agar tidak terjadi konflik berkepanjangan di desa,” katanya.

Untuk itu, Bupati Citra juga menegaskan kepada seluruh ASN, camat, kepala desa, kepala dusun hingga RT harus bersinergi dalam membangun desa.

Baca Juga :  Untuk Kedua Kalinya, Pemkab Kayong Utara Raih WTP dari BPK RI

“Harus transparan dan amanah. Seorang pemimpin harus siap melayani siapapun dari golongan manapun, kalau sudah terpilih menjadi kepala desa harus mampu merangkul semua untuk kemajuan desanya,” tegas Bupati Citra.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah Abpednas Kalbar, Busri Ismail mengapresiasi dukungan pemerintah Kabupaten Kayong Utara khususnya Bupati Citra dengan telah terbentuknya DPC Abpednas Kabupaten Kayong Utara.

“Jadikan hari ini sejarah besar terbentuknya Apdesnas, saya sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah khususnya Bupati Kayong Utara, Citra Duani yang telah memberikan dukungan,” katanya.

“Untuk itu, jalankan tupoksi dengan baik, keberadaan Apdesnas sebagai ajang bersilaturahmi dan membangun desa, saling tukar pikiran bersinergi demi kemajuan Desa,” sambung Busri. (Santo)

Comment