Harkitnas ke-115, Bupati Kapuas Hulu: Pertahankan Bara Api Semangat Kebangkitan Nasional

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan,SH memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 tahun 2023 di Lapangan Gor Uncak Kapuas, Senin (22/05/2023).

Dalam kesempatan itu, Bupati Fransiskus menyampaikan pidato Menteri Komunikasi dan Informatika RI. Ia menyebut, kalau harkitnas tahun ini dimaknai dengan memperingati perjuangan bersama. Oleh karenanya, kementerian, lembaga, pemerintah daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas dan seluruh elemen bangsa diharapkan harus saling bahu membahu, berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan juga kesatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa dari berbagai krisis global, baik kesehatan, perekonomian hingga geopolitik sekalipun.

Baca Juga :  Bupati Kapuas Hulu Usulkan Pembangunan Jalan Empanang-Puring Kencana

“Selain merayakan berbagai capaian bangsa Indonesia, Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,” tuturnya.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia, lanjutnya, juga ditunjukkan melalui kiprah Indonesia di berbagai forum internasional.

Dunia telah menyaksikan kepiawaian Indonesia dalam memimpin forum yang beranggotakan 20 Negara/Entitas Regional dengan kekuatan ekonomi terbesar, yakni G20.

Baca Juga :  Dinkes Kapuas Hulu Jalin Kerjasama Jampersal dengan RSUD Soedarso dan RSUD AM Djoen

“Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca pandemi Covid-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia emas 2045,” sampainya.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,” pungkas Fransiskus. (Ishaq)

Comment