Menyatu dengan Alam di Taman Nasional Gunung Palung: Surga Tersembunyi di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kalbar – Indonesia terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau, dan salah satu permata tersembunyi yang wajib dikunjungi adalah Taman Nasional Gunung Palung.

Terletak di Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, taman nasional ini menawarkan pengalaman konservasi alam yang luar biasa bagi para pecinta alam sejati.

Taman Nasional Gunung Palung dikenal dengan keanekaragaman hayatinya yang melimpah, mencakup ribuan spesies flora dan fauna.

Sebagai kawasan konservasi yang ditetapkan pada 29 April 1937 oleh keputusan het zelfbestuur van het landschap di Pontianak, tempat ini menjaga ekosistem asli Kalimantan yang masih asri dan terlindungi.

Di taman nasional ini, kamu akan menemukan berbagai jenis tumbuhan tropis yang rimbun dan beraneka ragam. Hutan hujan tropis yang lebat menjadi rumah bagi pohon-pohon besar seperti meranti, ulin dan keruing.

Baca Juga :  Hampir Lima Bulan Bonus Atlet Porprov Asal Ketapang Belum Cair

Selain itu, Taman Nasional Gunung Palung juga menjadi habitat bagi satwa langka seperti orangutan Kalimantan, bekantan, dan berbagai spesies burung eksotis.

Karena keanekaragaman hayati yang tinggi dan kondisi alam yang masih asli, mengeksplorasi Taman Nasional Gunung Palung memerlukan pemandu lokal.

Pemandu ini tidak hanya membantu navigasi, tetapi juga memberikan pengetahuan mendalam tentang ekosistem dan spesies yang ada di sana.

Ini adalah kesempatan sempurna untuk belajar lebih banyak tentang alam dan pentingnya konservasi. Dengan lanskap yang indah dan kehidupan liar yang melimpah, tempat ini juga menjadi lokasi yang sempurna untuk fotografi alam.

Baca Juga :  Keindahan Bukit Tekenang di Danau Sentarum: Destinasi Wisata Tersembunyi di Kalimantan Barat

Abadikan momen-momen spektakuler dari keindahan flora dan fauna yang ada di sini. Taman Nasional Gunung Palung beralamat di Jalan Piere Tendean, Sibau Hulu, Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Untuk mencapai lokasi ini, kamu bisa menggunakan transportasi darat atau udara menuju kota-kota terdekat, kemudian melanjutkan perjalanan dengan kendaraan lokal.

Taman Nasional Gunung Palung adalah destinasi wisata yang sempurna bagi para pecinta alam yang ingin merasakan keindahan dan kekayaan ekosistem Kalimantan. (Jau)

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Comment