Ciptakan Generasi Qur’ani Menuju Generasi Emas, 600 Siswa SD/MI Pontianak Tenggara Khataman Al-Qur’an

KalbarOnline, Pontianak – Sebanyak 600 siswa SD dan MI se-Kecamatan Pontianak Tenggara mengikuti Khataman Al-Qur’an di Aula Kantor Camat Pontianak Tenggara, Kamis (04/05/2023).

Para siswa yang berasal dari berbagai Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) itu menerima sertifikat sebagai bukti telah khatam Al Quran. Sertifikat khatam Al Quran diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono kepada beberapa perwakilan siswa SD/MI.

Edi berharap para siswa-siswi yang telah menjalani prosesi khataman Al-Qur’an ini, tidak berhenti sampai di sini saja. Akan tetapi terus menjadikan aktivitas mengaji sebagai kegiatan rutin dalam keseharian. Mengerti dan memahami makna yang terkandung dalam Al-Qur’an, kemudian menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tercipta generasi Qur’ani yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

Baca Juga :  Pj Gubernur Harisson Harap Pelayanan RSU Yarsi Semakin Baik
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada kegiatan Khataman Al-Qur'an di Aula Kecamatan Pontianak Tenggara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono memberikan sambutan pada kegiatan Khataman Al-Qur’an di Aula Kecamatan Pontianak Tenggara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

“Generasi Qur’ani merupakan salah satu bentuk untuk menciptakan generasi emas di Kota Pontianak,” ujarnya.

Tak lupa pula Edi menyampaikan ucapan terima kasih kepada para guru ngaji dan guru sekolah yang telah dengan ikhlas mengajarkan anak-anak mengaji dan memahami agama Islam secara komprehensif. Menurutnya, semua itu harus dilakukan agar tercipta generasi Qur’ani yang memiliki akhlakul karimah dan budi pekerti sebagaimana ajaran Islam.

Baca Juga :  Forkopimda Kalbar Gelar Doa Bersama Demi Wujudkan Pemilu Damai

“Mudah-mudahan anak-anak kita menjadi anak-anak yang salih dan saliha serta menjadi kebanggaan orang tua, keluarga, bangsa dan negara,” ucapnya.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan sertifikat Khatam Al-Qur'an secara simbolis kepada beberapa siswa SD/MI se-Kecamatan Pontianak Tenggara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyerahkan sertifikat Khatam Al-Qur’an secara simbolis kepada beberapa siswa SD/MI se-Kecamatan Pontianak Tenggara. (Foto: Prokopim For KalbarOnline.com)

Ia menuturkan bahwa Al-Qur’an merupakan pedoman kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, membaca, memahami dan mengamalkan isi yang terkandung dalam Al-Qur’an sangat penting bagi umat Islam.

“Apabila Al-Qur’an kita jadikan petunjuk dalam kehidupan kita, Insha Allah kita akan selamat dunia akhirat,” pungkasnya. (Jau)

Comment