Laka Maut Tronton Vs Motor, Ini Penjelasan Kasat Lantas Polres Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Kecelakaan (laka) maut kembali terjadi, kali ini merenggut nyawa Martin Fransiskus Ego (21 tahun), warga Desa Keranji Mancal, Kecamatan Sengah Temilang, Kabupaten Landak.

Lokasi naas itu terjadi di Jalan Raya Trans Kalimantan, Km 72, Dusun Binua Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, berbatasan dengan Kabupaten Sanggau pada Jumat (31/03/2023) lalu.

Kasat Lantas Polres Kubu Raya, IPTU Apit Junaedi menerangkan kronologis kejadian yang bermula saat Riko Purwanto yang mengendarai sepeda motor Honda Revo dari Pontianak hendak menuju Tayan, Kabupaten Sanggau berboncengan dengan Martin Fransiskus Ego.

Sampai di TKP, keduanya tiba-tiba terjatuh ke arah lajur kanan jalan yang kemudian datang truk tronton bernopol KB 9094 OL yang dikemudikan Iis Purwanto dari arah Tayan hendak ke Pontianak.

Baca Juga :  Cegah Covid-19, Polres Kubu Raya Siagakan Alat Pengukur Suhu Tubuh

“Lantaran jarak yang cukup dekat dan tidak dapat dihindari menabrak korban,” terang IPTU Apit, Selasa (04/04/2023) pagi.

Atas kejadian itu, Kasat Apit menerangkan, kalau korban langsung meninggal dunia ditempat. Dari situ, korban selanjutnya dilarikan ke puskesmas terdekat, sementara petugas yang berada di lokasi langsung menghubungi pihak keluarga korban.

“Faktor utama karena hujan lebat mengakibatkan jalan licin, sehingga pengendara yang membonceng korban ke arah Tayan terjatuh. Kejadian begitu cepat, Korban terjatuh ke arah lintasan sebelah kanan dan itu area tingkungan, saat ini pengemudi dan kendaraan tronton sudah kami amankan,” jelas IPTU Apit.

Saat ini, korban sudah dimakamkan oleh keluarganya, Polres Kubu Raya pun turut berbela sungkawa. Dengan kejadian tersebut, IPTU Apit mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk lebih waspada dalam berkendara.

Baca Juga :  Kebakaran Rumah Nasuki Nyaris Telan Korban, Polres Kubu Raya Beberkan Sumber Api

“Apapun cuacanya, cross cek kendaraan terlebih dahulu sebelum bepergian agar kejadian serupa dapat diminimalisir,” pesannya.

Sementara itu, Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya, Aipda Ade menambahkan, bahwa kejadian tersebut lokasinya sangat jauh karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Sanggau dan peristiwa tersebut terjadi pada jam 14.30 WIB.

“Penanganan awal Satuan Lalu Lintas Polres Kubu Raya dibantu Satuan Lalu Lintas Polres Sanggau ini adalah upaya memberikan pelayanan kepolisian kepada masyarakat. Kami dari Polres Kubu Raya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Satuan Lalu Lintas Polres Sanggau,” pungkas Ade. (Jau)

Sumber: Humas Polres Kubu Raya/Aipda Ade.

Comment