Kebakaran Rumah Nasuki Nyaris Telan Korban, Polres Kubu Raya Beberkan Sumber Api

KalbarOnline, Kubu Raya – Peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah berukuran 4 x 14 di Parit Obyek Dusun Tembawang, Desa Retok Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya hampir menelan korban jiwa. Insiden itu terjadi pada Rabu (11/01/2023) sore, sekitar jam 15.40 WIB.

Kapolres Kubu Raya, AKBP Arief Hidayat melalui Kapolsek Kuala Mandor B, IPTU Agus Suryana menyatakan, bahwa peristiwa kebakaran itu berlangsung begitu cepat, lantaran bahan material rumah korban atas nama Nasuki yang beratap daun dan berdinding kayu.

Kondisi sisa-sisa kebakaran dari rumah Nasuki. (Foto: Jauhari)
Kondisi sisa-sisa kebakaran dari rumah Nasuki. (Foto: Jauhari)

Alhamdulillah cucu perempuan korban yang berumur 6 tahun dapat selamat dari peristiwa kebakaran, dan saat ini kondisinya dalam keadaan shock/traumatik,” terang IPTU Agus.

Baca Juga :  Polisi Selidiki Kasus Pembobolan ATM Bank BTN di Stikes Panca Bhakti Kubu Raya

Ia membeberkan, bahwa berdasarkan hasil olah TKP dan keterangan saksi-saksi, bahwa sumber api berasal dari tungku yang masih menyala pada saat ditinggal memasak oleh korban dan istrinya ke kebun untuk menoreh karet.

“Di rumah korban terdapat cucu perempuannya yang berumur 6 tahun,” ungkapnya.

Pemberian santunan kepada korban kebakaran, Nasuki. (Foto: Jauhari)
Pemberian santunan kepada korban kebakaran, Nasuki. (Foto: Jauhari)

Sejauh ini, kerugian yang diderita korban memang belum dapat ditaksir, namun dari yang tampak di lapangan, korban telah kehilangan satu unit rumah beserta isinya dengan luas bangunan 4 × 14 M².

Pasca kejadian, Kapolsek Kuala Mandor B beserta Kades Retok, Sahidin bersama tokoh masyarakat setempat telah menemui korban kebakaran dan menyatakan keprihatinannya atas musibah yang dialami korban, dan selanjutnya memberikan bingkisan berupa sembako kepada Nasuki untuk meringankan bebannya.

Baca Juga :  Peringati Hari Perhubungan, Bupati Rusman Ali Serahkan Bantuan Moda Transportasi Air

“Untuk sementara waktu, Nasuki beserta keluarganya mengungsi di tempat keluarganya, dan terhadap cucu perempuannya saat ini sedang dihibur oleh keluarganya dan untuk menghilangkan traumatik,” ungkapnya.

Pasca kebakaran, Nasuki dan keluarga untuk sementara waktu akan mengungsi ke tempat keluarganya. (Foto: Jauhari)
Pasca kebakaran, Nasuki dan keluarga untuk sementara waktu akan mengungsi ke tempat keluarganya. (Foto: Jauhari)

“Jika tidak ada perubahan kami bersama perangkat desa akan membawanya ke dokter psikolog anak,” sambungnya IPTU Agus lagi.

Dari peristiwa ini pula, pihak kepolisian berkesimpulan bahwa kebakaran tersebut murni terjadi akibat dari kelalaian korban dan istrinya.

“Diharapkan kepada warga masyarakat jika meninggalkan rumah, baik itu berpergian atau bekerja, lakukan pengecekan kembali keadaan rumah sehingga kejadian tersebut tidak terulang kembali,” tutupnya. (Jau)

Comment