Sekda Kalbar Hadiri Peringatan Bulan K3 Nasional 2023

KalbarOnline, Pontianak – Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Harisson menghadiri acara peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional tahun 2023, di Hotel Orchardz Pontianak, Senin (13/02/2023).

Kegiatan ini mengusung tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Dalam sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang dibacakannya, Sekda Harisson menyampaikan, kalau peringatan ini menjadi momentum mengingatkan semua pihak akan pentingnya K3 guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Ia menyampaikan, bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik dibidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan, termasuk diantaranya membangun budaya K3 yang baik.

Baca Juga :  Gelar Sosialisasi di Pontianak, Mahupiki: "KUHP Nasional Way of Life Indonesia"
Sekda Provinsi Kalbar, Harisson memberikan kata sambutan dalam acara peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023, di Hotel Orchardz Pontianak, Senin (13/02/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)
Sekda Provinsi Kalbar, Harisson memberikan kata sambutan dalam acara peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023, di Hotel Orchardz Pontianak, Senin (13/02/2023). (Foto: Biro Adpim For KalbarOnline.com)

“Sebagai wujud komitmen pemerintah menghadirkan pekerjaan layak untuk di masa depan, telah diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja,” terangnya.

Untuk menindaklanjuti dalam bidang ketenagakerjaan, Menteri Ketenagakerjaan telah menyelesaikan peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan/atau Produk pada Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Ketenagakerjaan.

Acara peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 itu dirangkai dengan pemberian penghargaan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kepada Pemprov Kalbar atas dukungan pada program penerapan K3.

Baca Juga :  183 PAUD dan 22 Pendidikan Kesetaraan Terima Bantuan Operasional

Penghargaan-penghargaan itu antara lain terkait Zero Accident, HIV dan Covid 19, penghargaan dan piala lomba cerdas cermat K3 dan APD penanggulangan kebakaran, penghargaan dan santunan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial, santunan kepada disabilitas korban kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja.

Turut hadir pada acara tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Manto serta Kepala perangkat daerah terkait, pimpinan serikat pekerja/buruh, pimpinan perusahaan dan beberapa para pekerja. (Jau)

Comment