Kunker ke Desa Ujung Said, Ini yang Disampaikan Dandim 1206 Putussibau

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Sri Widodo bersama Ketua Persit KCK Cab. L Dim 1206 serta Forkopimcam Jongkong mengunjungi lokasi Bumi Perkemahan Kirin Freya di Desa Ujung Said, Kecamatan Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (30/12/2022).

Kunjungan kerja (kunker) tersebut dilaksanakan Dandim 1206 Putussibau bersama rombongan dalam rangka memperkuat komitmen generasi muda tentang bela negara yang harus ditanamkan sejak dini melalui pramuka.

Kehadiran Dandim 1206 Putussibau kala itu disambut langsung oleh Camat Jongkong, Kades Ujung Said, Dian Pramana Putra beserta para tokoh masyarakat setempat.

Selanjutnya, Dandim Widodo turut memberikan arahannya kepada siswa-siswi pramuka–mulai dari tingkat SD sampai dengan SMA–yang mengikuti kegiatan tersebut.

Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Sri Widodo menyapa para siswa dan siswi saat mengunjungi lokasi Bumi Perkemahan Kirin Freya di Desa Ujung Said, Kecamatan Jongkong, Jumat (30/12/2022). (Foto: Ishaq)
Dandim 1206 Putussibau, Letkol Inf Sri Widodo menyapa para siswa dan siswi saat mengunjungi lokasi Bumi Perkemahan Kirin Freya di Desa Ujung Said, Kecamatan Jongkong, Jumat (30/12/2022). (Foto: Ishaq)

Ia menekankan pentingnya bela negara bagi generasi muda khususnya pramuka serta kesigapan pramuka ikut serta dalam penanganan bencana alam khususnya di wilayah Kecamatan Jongkong yang rentan dengan bencana banjir.

“Hendaknya adik-adik pramuka harus mampu mengimplementasikan Dasa Dharma Pramuka dan Tri Satya dalam kehidupan sehari-hari serta harus memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kesulitan masyarakat,” pesannya.

Selain itu pula, dalam konteks bela negara, Dandim Widodo menyampaikan, bahwa pramuka yang juga sebagai seorang pelajar mempunyai kewajiban ikut melaksanakan bela negara yang dapat diwujudkan dengan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai pelajar dengan baik.

“Pramuka harus mengerti pentingnya penerapan 4 pilar kebangsaan Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, jangan kita hanya mengetahui saja, namun perlu diterapkan dalam kehidupan sehari hari,” ucapnya.

Pasca mengakhiri pengarahannya, Dandim Widodo dan Ketua Persit KCK Cab. L Dim 1206 serta Forkopimcam Jongkong memberikan kuis seputar pentingnya bela negara dan keberadaan pramuka. (Ishaq)

BACA JUGA:  Pemilu Dengan Uang dan Intimidasi Jelas Dilarang Kenapa Sulit Dihilangkan?

Comment