Pemprov Kalbar Berangkatkan Umroh 6 Kades Berprestasi

KalbarOnline, Pontianak – Pemerintah Provinsi Kalbar memberangkatkan sebanyak 6 kepala desa untuk melaksanakan ibadah umroh di tanah suci, Mekah. Keberangkatan mereka dilepas secara resmi oleh Gubermur Kalbar, Sutarmidji di Pendopo Gubernur Kalbar, Selasa (06/12/2022).

Sutarmidji menyampaikan, pemberangkatan umroh 6 kepala desa tersebut merupakan hadian lantaran mereka dinilai telah berprestasi. Salah satu contohnya, yakni Kepala Desa Mungguk, Kabupaten Sekadau, karena berhasil membawa desa tersebut sebagai desa percontohan anti korupsi.

“Kemudian untuk desa-desa mandiri, juga bakal diberikan apresiasi, tetapi harus bisa melampaui tiga kriteria,” katanya.

Kriteria pertama, yaitu memiliki Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), kriteria kedua, Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tidak pernah bermasalah, dan kriteria yang ketiga, nilai dari Indeks Desa Membangun (IDM) sudah di atas 0,9 poin.

Baca Juga :  MTQ XXIX Kalbar Resmi Dibuka, Dapat Ditontot Lewat Siaran Langsung

“Desa mandiri itukan 0,8 minimal (nilainya), nah kita maunya 0,9. Karena kalau 0,9 itu semua komponen sudah bagus, tinggal beberapa yang tidak mungkin terpenuhi,” ujarnya.

Bukan hanya yang beragama Islam, apresiasi juga diberikan kepada kepala desa yang non muslim. Dengan catatan standar biaya atau anggaran yang dikucurkan tidak melebihi yang sudah ada.

Baca Juga :  Hari Stroke Sedunia, Perdosni-RSUD SSMA Gelar Talkshow Kenali Stroke

“Misalnya kepala desanya bukan muslim, nanti kita tanya (mau ke mana), yang jelas standar apresiasinya ada. Kalau dia berprestasi, bukan muslim, nah ke mana, ya kami fasilitasi, tapi dengan standar yang sama,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kalbar itu menyebutkan, untuk tahun depan, kemungkinan juga akan ada apresiasi khusus untuk desa yang bisa mencapai tiga kriteria tersebut.

“Yakni bantuan berupa kendaraan roda dua untuk operasional desa. Jadi itu (kendaraan roda dua) untuk desanya, bukan untuk kepala desanya,” jelas Sutarmidji. (Jau)

Comment