Dua Karya Kerajinan Kapuas Hulu Raih Penghargaan Nasional dari Ketum Dekranas Wury Ma’ruf Amin

KalbarOnline, Jakarta – Produk kerajinan tenun sidan dan tenun sungkit asal Kabupaten Kapuas Hulu memperoleh penghargaan dari Dewan Kerajinan Nasional pada Pameran Kerajinan Nusantara, Kriya Nusa Tahun 2022, sebagai produk unggulan berpotensi, Rabu (21/09/2022) kemarin.

Penghargaan itu diberikan oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang juga Ibu Kerajinan Nasional, Wury Ma’ruf Amin di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Angeline Fremalco menyampaikan, kain tenun sungkit karya Yunita Marta dan tenun sidan karya Yulina Kinut memang sudah sejak lama dikembangkan. Salah satunya oleh pengrajin di Desa Menua Sadap, Kecamatan Embaloh Hulu. Kain ini menggunakan pewarna alami dari tumbuh-tumbuhan.

Penghargaan tenun sidan.
Penghargaan tenun sidan.

Ia menambahkan, tenun sidan mempunyai spesifikasi yang terdiri dari bahan, yakni benang katun dengan motif kaki kemubai menggunakan warna alam daun kratom dan warna alam daun bunggur dengan panjang 185 cm dan lebar 74 cm.

“Saya bersama Bupati Kapuas Hulu melihat langsung proses pembuatan kain tersebut di Desa Manua Sadap Kapuas Hulu dan kami dari Pemerintah Daerah selalu mendukung kerajinan seperti ini karena dapat memulihkan perekonomian pasca pandemi ini,” katanya.

Sebagai bentuk komitmen, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu bersama Dekranasda Kapuas Hulu sudah mendirikan dan telah diresmikan gedung pusat promosi kerajinan Kapuas Hulu dengan tujuan untuk mempermudah dalam pemasaran kerajinan yang ada di Kapuas Hulu.

Penghargaan tenun sungkit.
Penghargaan tenun sungkit.

“Saya mendorong agar promosi dan penjualan produk unggulan kerajinan Kapuas Hulu–salah satunya kain tenun sidan, melalui media sosial, kami akan bantu mendorong promosi potensi kerajinan Kapuas Hulu,” ujarnya.

Sebelumnya, Pameran Kriya Nusa Tahun 2022 tersebut dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo dan Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’ruf Amin.

BACA JUGA:  Kain Tenun Sidan Bakal Mewakili Indonesia di UNESCO Award, Angeline Fremalco: Ini Prestasi Membanggakan Kapuas Hulu

Pameran yang digelar pada tanggal 21 sampai 25 September 2022 itu diikuti sebanyak 147 peserta dari berbagai provinsi. Termasuk diantaranya Dekranasda Provinsi Kalbar bersama Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu yang tergabung di dalam stand DISPERINDAGESDM Provinsi Kalbar. (Ishaq)

Comment