Masuk Nominasi INACRAFT Award 2022, Tenun Sidan Khas Kapuas Hulu Curi Perhatian Dewan Juri

Gunakan pewarna alam dari daun kratom

KalbarOnline, JakartaSederet produk kerajinan ditampilkan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu dan Dekranasda Kapuas Hulu pada ajang pameran terbesar, INACRAFT di Jakarta Convention Center mulai tanggal 22 – 27 Maret 2022.

Dari beberapa produk unggulan yang dipromosikan, salah satunya produk khas yang menjadi kebanggaan Kapuas Hulu yakni Kain Tenun Sidan.

Ketua Dekranasda Kapuas Hulu Angeline Fremalco menyebutkan, produk unggulan yang ditampilkan pihaknya berupa Tenun Sidan dengan pewarna alam, anyaman dan kerajinan kayu.

“Menariknya, Tenun Sidan dengan pewarna alam dari daun kratom menjadi perhatian dewan juri untuk diikutsertakan dalam INACRAFT Award 2022,” kata Angeline Fremalco.

Angeline Fremalco menyampaikan itu usai mengikuti Opening Ceremony dan Pameran INACRAFT di Jakarta Convention Center yang dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo, Rabu, 23 Maret 2022.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Hulu: Kedepankan Toleransi Dengan Kecerdasan dan Kearifan

“Kita tahu bahwa kratom merupakan tanaman khas Kapuas Hulu. Semoga Tenun Sidan ini bisa menjadi pemenang dalam INACRAFT Award 2022,” pungkas Angeline.

Adapun kriteria yang dinilai pada INACRAFT Awards 2022 adalah keunggulan, keaslian, inovasi, daya jual dan ramah lingkungan.

Ajang INACRAFT ini kembali digelar pertama kalinya setelah 2 tahun vakum karena pandemi Covid-19.

International Handicraft Trade Fair (Inacraft) ini sendiri diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) yang diikuti peserta dari seluruh pelosok tanah air. Mulai dari perajin, pengusaha, produsen, dan eksportir kerajinan.

Baca Juga :  Wabup Kapuas Hulu Pimpin Rakor Persiapan Keberangkatan Calon Jemaah Haji ke Tanah Suci

Pameran tersebut diikuti sebanyak 722 peserta yang terdiri atas 510 peserta individu, 169 peserta binaan dinas, dan 43 peserta binaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), serta 150 toko daring.

“Selamat atas diselenggarakannya kembali INACRAFT. INACRAFT 2022 yang menampilkan produk-produk kerajinan yang memiliki kualitas yang baik dari kreasi-kreasi para perajin kita,” kata Joko Widodo.

Presiden Jokowi juga mengajak masyarakat untuk dapat mencintai produk-produk produksi dalam negeri utamanya produk-produk kerajinan.

Dalam ajang INACRAFT 2022 ini, Ketua Dekranasda Kapuas Hulu didampingi oleh Ketua Harian Dekranasda Kapuas Hulu, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata, Asisten III, Sekretaris Dekranasda Kapuas Hulu, dan beberapa perajin.

Comment