500 Pelari Semarakkan Kulminasi Run

KalbarOnline, Pontianak – Lebih dari 500 peserta lomba lari Kulminasi Run ikut menyemarakkan event Pesona Kulminasi 2022, Minggu (25/9/2022). Para peserta yang terbagi dalam dua kategori, yakni pelari 10 kilometer (10K) dan 5 kilometer (5K) ini diikuti oleh berbagai usia.

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan, event Pesona Kulminasi tahun ini memang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Yang mana di tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan rangkaian event hanya digelar dua hingga tiga hari saja. 

Sementara pada tahun 2022 ini–setelah melewati masa-masa pandemi, pagelaran Pesona Kulminasi mulai digelar dari tanggal 21 hingga 25 September 2022. Ajang Pesona Kulminasi pun diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan seni dan budaya, lomba-lomba olahraga, pemilihan Putri Pesona Kulminasi 2022, fashion show hingga konser.

Baca Juga :  Wabup Hermanus Pinta Kepala Sekolah Samakan Persepsi LPJ Dengan Inspektorat

“Kemarin digelar lomba Dragon Boat di Sungai Kapuas, kemudian hari ini kita melepas peserta Kulminasi Run. Pesertanya lumayan banyak, artinya antusias warga untuk olahraga lari ini cukup banyak,” ujarnya usai melepas secara resmi para pelari pada garis start yang berlokasi di depan Taman Alun Kapuas Jalan Rahadi Usman, 

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengibaskan bendera start saat melepas peserta Kulminasi Run 2022 di depan Taman Alun Kapuas. (Foto: Prokopim For Kalbar Online)
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengibaskan bendera start saat melepas peserta Kulminasi Run 2022 di depan Taman Alun Kapuas. (Foto: Prokopim For Kalbar Online)

Sebagai catatan, lomba lari sudah beberapa kali digelar di Kota Pontianak. Hampir setiap gelaran lomba lari diikuti banyak peserta. Melihat antusias peserta lomba lari yang cukup tinggi ini, Edi berharap lomba serupa lebih rutin digelar, baik di tingkat lokal maupun nasional bahkan internasional. 

“Dengan begitu, kita ingin Pontianak ini juga dikenal sebagai Sport City, artinya Pontianak memiliki potensi besar untuk penyelenggaraan event-event olahraga seperti lomba lari, sepeda dan sebagainya,” ungkapnya.

Baca Juga :  Wali Kota Edi Kamtono Sambut Jenazah Toni Ismail dan Keluarga

Dengan menggelar berbagai event atau lomba olahraga di Kota Pontianak, baik tingkat nasional maupun internasional, maka tamu-tamu dari luar akan banyak berdatangan ke kota ini. Kunjungan tamu dari luar ini juga berdampak terhadap sektor pariwisata maupun perekonomian di Pontianak.

“Selain mereka datang ke Pontianak untuk mengikuti atau menyaksikan lomba olahraga yang digelar di sini, mereka juga sekaligus menikmati wisata, baik itu objek wisata maupun wisata kulinernya,” imbuhnya.

Selain Wako Edi, tampak hadi pula Komandan Kodim (Dandim) 1207/Pontianak, Kolonel Arh Hendra Roza, yang ikut berbaur bersama para peserta lari Kulminasi Run 5K. (Jau)

Comment