Gelar FGD, Dinkes Kalbar Tingkatkan Sinergitas Dalam Upaya Turunkan Stunting Melalui 5 Pilar STBM

KalbarOnline, PontianakFocus Group Discussion (FGD) yang membahas terkait 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) digelar pada hari Selasa (19/07/2022), di Aula Khatulistiwa II Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat.

Diskusi ini diselenggarakan bersama DPMD, Tim Penggerak PKK, BKKBN, Pokja PKP, HAKLI Kalbar, Fasilitator Manajemen Puskesmas/PIS-PK, Fungsional Epidemiologi dan juga Fungsional Sanitarian.

Diskusi yang dilancarkan itu diharapkan dapat meningkatkan sinergitas intervensi sensitif dalam upaya untuk menurunkan stunting melalui 5 pilar tersebut.

Baca Juga :  RPJMD Pontianak: Ciptakan Infrastruktur Perkotaan yang Berkualitas dan Representatif

Sekedar informasi, STBM adalah salah satu pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan.

Tujuan tersebut tentunya dalam upaya pencegahan penyakit yang menitikberatkan pada kegiatan dengan cara memelihara dan melindungi kebersihan lingkungan dari unsur mikrobiologi, fisika, kimia dan radioaktif yang dapat membahayakan kesehatan.

Baca Juga :  Lampaui Target Nasional, Angka Stunting di Pontianak Turun Jadi 12,4 Persen

Secara umum, 5 pilar tersebut yakni perilaku buang air besar di jamban sehat, membudayakan perilaku cuci tangan pakai sabun dan air mengalir serta saluran pembuangannya, pengelolaan air layak minum serta  makanan yang aman dan bersih.

Selanjutnya, pemilahan sampah rumah tangga (reduce, reuse, recycle), dan terakhir pengelolaan saluran pembuangan dan penampungan limbah rumah tangga. (Jau)

Comment