by

4 Daerah di Kalbar Zona Hijau, Hary Agung Minta Masyarakat Tetap Disiplin Prokes: Pandemi Covid-19 Belum Berakhir

KalbarOnline, Pontianak – Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat mengumumkan data terbaru zona resiko penularan Covid-19 di provinsi itu.

Di mana berdasarkan data dari Bersatu Melawan Covid (BLC) per tanggal 18 Juli 2022, terdapat 4 daerah di Kalbar yang berada pada zona hijau.

“4 daerah itu adalah Kota Singkawang, Kabupaten Ketapang, Melawi, dan Kabupaten Kapuas Hulu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar Hary Agung Tjahyadi saat diwawancarai KalbarOnline, Selasa, 19 Juli 2022.

Sementara 10 daerah lainnya berada di zona kuning atau zona risiko rendah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Bengkayang, Sambas, Mempawah, Sanggau, Sintang, Sekadau, Landak, Kubu Raya, dan Kabupaten Kayong Utara.

Situasi ini, kata Hary Agung, harus terus dipertahankan dan semua upaya pencegahan penularan harus tetap dilakukan untuk menekan kasus konfirmasi positif baru Covid-19.

“Masyarakat harus tetap disiplin protokol kesehatan, karena Pandemi Covid-19 belum berakhir,” imbaunya.

Hary Agung turut menegaskan bahwa pihaknya dari Dinas Kesehatan bersama unsur yang terlibat dalam Satgas Covid-19 Kalbar akan terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi baik vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster.

“Vaksinasi booster ini perlu digencarkan untuk memperkuat dan memperpanjang rentang waktu kekebalan komunal,” pungkas Hary Agung.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, total kasus positif Covid-19 di Kalbar sampai dengan tanggal 18 Juli 2022 mencapai sebanyak 64.824 kasus.

Adapun jumlah kasus aktif sebanyak 38 orang atau sebesar 0.06 persen, kasus sembuh mencapai 63.641 orang atau sebesar 98.18 persen, dan kasus meninggal sebanyak 1.145 orang atau sebesar 1.77 persen. (Jau)

BACA JUGA:  Edi Kamtono Tinjau Simulasi Pembelajaran Tatap Muka SMPN 1

Comment