Edi Kamtono Komitmen Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Keuangan Daerah

Jawab Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Peningkatan pada kualitas pengelolaan keuangan daerah menjadi fokus dalam “Jawaban Wali Kota Pontianak atas Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Kota Pontianak” yang disampaikan Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono, di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Kota Pontianak, Senin (13/06/2022).

IKLANBANKKALBARIDULADHA

Sejalan dengan itu, keberhasilan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2021 pun turut menjadi acuan. Dimana raihan WTP tahun ini merupakan yang ke-11 kalinya berturut-turut yang diterima oleh Pemkot Pontianak.

Baca Juga :  Pemkot Komitmen Tekan Angka Stunting dengan Intervensi Gizi Terpadu

“Dan (Pemkot Pontianak) berupaya mempertahankan opini WTP di tahun-tahun mendatang,” jelas Edi Kamtono. 

Terkait tak tercapainya realisasi anggaran yang sebelumnya juga menjadi pertanyaan sejumlah fraksi, Edi menyatakan bahwa hal itu terjadi karena dampak pemulihan ekonomi usai pandemi Covid-19. Dia optimis, target realisasi anggaran akan tercapai di tahun-tahun berikutnya.

“Di tahun 2021, kita anggap pandemi telah usai. Ternyata masih berlanjut. Tentunya ini jadi catatan kita untuk evaluasi lebih ketat,” tukas Edi.

Baca Juga :  Gelar Aksi Mogok Kerja Buntut Dari Keinginan Karyawan PT Poneksim Utama Selama Ini Tak Direspon

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pontianak, Satarudin menyatakan, pihaknya akan senantiasa mendorong Pemkot Pontianak dalam setiap program yang telah dicanangkan, terutama dalam hal peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Nilainya memang turun, tapi nanti akan kita cari tau kenapa, dan berikan solusinya,” tutupnya. (J)

Comment