Ini Air dan Tanah yang Dibawa Sutarmidji untuk Ritual Kendi Nusantara di IKN Bersama Presiden Jokowi, Ada Makna Kesuburan dan Kedamaian

KalbarOnline.comPara Gubernur di seluruh Indonesia esok hari akan berkumpul bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di titik nol ibu kota negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur.

Seluruh Gubernur tersebut diminta membawa air dan tanah dari daerah masing-masing untuk melakukan ritual Kendi Nusantara bersama Presiden Jokowi.

Hal ini merupakan wujud persatuan dan kesatuan, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menggunakan pondasi tanah dan air yang berasal dari 34 provinsi.

Tak terkecuali Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji yang turut membawa air dan tanah dari Kalbar.

Baca Juga :  Karakter Virus Corona Rapuh dan Mati Saat Kena Deterjen

Kalimantan Barat memberikan tanah yang diambil dari daerah yang dilalui garis perlintasan titik 0° (Nol Derajat) yang membagi bumi menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan. Garis tersebut dikenal dengan Equator atau Garis Khatulistiwa.

“Di sini kita bisa meletakkan kaki kiri ke selatan bumi dan kaki kanan ke utara bumi. Tanah yang didedikasikan sebagai pondasi IKN di kawasan yang sangat strategis ini diharapkan mampu memberi kemudahan dalam gerak langkah pembangunan,” jelas Gubernur Kalbar Sutarmidji melalui Sekda Kalbar Harisson, Minggu, 13 Maret 2022.

Baca Juga :  Sutarmidji Sebut Masa Depan Perguruan Tinggi Islam Cerah

Dijuluki sebagai provinsi “Seribu Sungai”, Kalimantan Barat sendiri akan menyerahkan air yang diambil dari titik pertemuan sungai terpanjang di Indonesia yakni Sungai Kapuas yang memiliki panjang 1.143 kilometer dan Sungai Landak yang konon terkenal dengan berliannya.

Air yang berasal dari sungai kebanggaan masyarakat Kalbar ini diharapkan dapat memberikan kesuburan dan kedamaian di IKN Baru yang juga berlokasi di Pulau Kalimantan.

“Pak Gubernur membawa air antara pertemuan Sungai Kapuas dan Sungai Landak,” pungkas Sutarmidji.

Comment